DaerahJawa TimurSitubondo

Bupati Situbondo Pimpin Apel Pengukuhan Satlinmas

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Bupati Situbondo Karna Suswandi pimpin apel pengukuhan Satlinmas yang berlangsung di alun-alun Situbondo. Apel yang mengambil tema “Memperkuat Sinergitas dan Komitmen Satlinmas dalam penyelenggaraan Trantibum Linmas untuk mewujudkan Indonesia maju dan sehat” ini diikuti sekitar 1360 peserta, Jumat (8/3/2024).

Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan bahwa, pengukuhan dan pengambilan sumpah anggota Satlinmas ini merupakan bentuk pengimplementasian amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

“Apel pengukuhan ini juga menjadi momentum penting untuk meneguhkan komitmen Satlinmas dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah tugas masing-masing di Kabupaten Situbondo dengan arahan yang telah diberikan para anggota Satlinmas akan semakin mengokohkan diri sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan ketentraman wilayah,” kata Bupati Karna.

Anggota Satlinmas, sambung Bupati Karna, diharapkan dapat membantu aparat keamanan dalam menanggulangi tindak kriminal dalam mewujudkan suatu daerah atau lingkungan tempat tinggal menjadi aman dan nyaman.

“Satlinmas sebagai mitra masyarakat harus mampu membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan anggota TNI, Polri, dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja. Satlinmas dalam menjaga situasi kondusif selama tahapan pemilu sudah dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Kesiapsiagaan terhadap potensi gangguan trantibumlinmas, kata Bung Karna, menjadi kunci sukses pelaksanaan pemilu yang aman dan damai. “Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Satlinmas,” pungkas Bupati Situbondo.

Sekedar informasi, turut hadir dalam apel tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Alexander Arung Bua, S.E., Ketua Pengadilan Negeri Situbondo Achmad Rasjid, SH., Sekda Situbondo Wawan Setiawan, S.H., M.H., Jajaran Kepala OPD Pemkab Situbondo, Para Camat se-Kab. Situbondo, dan peserta apel dari Satlinmas se-Kabupaten Situbondo.

Selain itu, secara simbolis Bupati Situbondo juga menyerahkan uang honor untuk Satlinmas se Kabupaten Situbondo. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button