DaerahJawa TimurSitubondo

Bupati Situbondo Pimpin Upacara Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

BeritaNasiona.ID – SITUBONDO JATIM – Upacara pengibaran Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di alun-alun Kabupaten Situbondo terlaksana dengan baik, Kamis (17/8/2023).

Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi mengatakan jika rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI berlangsung hampir bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo ke-205.

“Pada tanggal 15 Agustus 2023 kita juga melaksanakan upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo ke-205, hari ini kita melaksanakan upcara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang dihadiri oleh turis mancanegara yaitu dari Prancis,” jelas Bupati Situbondo.

Dengan demikian, lanjut Bupati Karna, perayaan kemerdekaan yang dilakukan setiap tanggal 17 Agustus ini tidak hanya sekadar merayakan sebuah peristiwa sejarah, namun juga memperingati pengorbanan dan semangat yang membentuk identitas dan jati diri bangsa Indonesia.

“Tahun ini, Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-78. Artinya, sudah 78 tahun Indonesia merdeka. Sebagai rakyat Indonesia terutama generasi penerus bangsa, sudah semestinya memiliki pemahaman yang baik tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Dengan begitu, kita akan dapat lebih menghormati perjuangan para pahlawan dan memastikan bahwa kemerdekaan akan terus hidup dalam setiap generasi,” tutur Bupati Situbondo.

Lebih lanjut, Bupati Situbondo mengatakan, tema peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 yakni “Terus Maju untuk Indonesia Maju.” Tema tersebut merefleksikan semangat kolektif, berhamoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran untuk satu tujuan Indonesia Maju.

“Salah satu tujuan dari tema tersebut yaitu mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Hal ini merupakan energi gerak untuk bangsa Indonesia agar Indonesia tercinta terus maju,” tutur bupati yang akrab dipanggil Bung Karna.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 17 Agustus, sambung Bupati Karna, memiliki rangkaian cerita yang panjang dan tidak mudah dilupakan begitu saja. Sebab, perjuangan panjang para kusuma bangsa ini dalam merebut kemerdekaan RI di bayar dengan tetesan darah, harta bahkan nyawa.

“Untuk itu, dalam memperingati momentum HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo untuk terus melanjutkan perjuanga para pahlawan Indonesia yang telah gugur merebut kemerdekaan ini dari tangan-tangan penjajahan,” pungkasnya. (As’ad-Heru/BeritaNasional.ID)

Bupati Situbondo ketika pimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi tahun 2023 di alun alun Situbondo (Heru Hartanto/BeritaNasional.ID)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button