BatubaraDaerah

Bupati Zahir Paparkan Dukcapil Hadir di Desa & Gerakan Bersama Penurunan Stunting

BeritaNasioanl.ID, Batu Bara Sumut – Bupati Batu Bara Ir. Zahir, M. Ap paparkan Dukcapil Hadir di Desa’ dan ‘Gema Penting’ (Gerakan Bersama Penurunan Stunting) di ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2023.

Kedua inovasi ini dipilih sebagai inovasi unggulan, dalam ajang IGA tahun 2023 yang sebelumnya Pemkab Batu Bara mengirimkan 36 inovasi dari berbagai OPD.

Dalam tahapan ini, Kabupaten Batu Bara terpilih sebagai salah satu dari 5 nominator Daerah Perbatasan Terinovatif yang memasuki tahapan penilaian presentasi kepala daerah.

Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP., menyampaikan paparannya secara langsung di depan tim penilai, yang dilaksanakan di Gedung B Kementerian Dalam Negeri RI, Jakarta Pusat, pada pada Senin (25/09/2023) malam.

Dalam presentasi itu, Bupati Zahir turut didampingi Kepala Bappelitbangda Batu Bara Arif Hanafiah, Kepala Disdukcapil Maeda Soetopo, dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan P2KB dr. Deni Syahputra.

Dukcapil Hadir di Desa merupakan inovasi dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan pengurusan dokumen kependudukan cukup diselenggarakan di desa/kelurahan, sehingga masyarakat cukup hadir di desa/kelurahan tanpa harus jauh datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sedangkan, Gema Penting adalah inovasi dalam upaya Pemerintah menurunkan stunting di Kabupaten Batu Bara. Bentuk inovasi Gema Penting dengan menggandeng TP PKK membentuk Gerakan Laskar Istana (Lakukan Serentak Aksi Konvergensi Intervensi Stunting Secara Nyata). (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button