Maluku

Butuh Pelayanan Tenaga Medis, Warga Wasile Tengah Lakukan Aksi di Depan Puskesmas

BeritaNasional.ID, Halmahera Timur – Aksi Pemuda yang mengatasnamakan bentuk keresahan warga Wasile Tengah dengan ijin pemberhentian Dokter Henora Simanjuntak yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, Kamis (10/7/2020).

Massa aksi yang berlangsung di depan Puskesmas Pelayanan Kecamatan Wasile Tengah Desa Lokobata beberapa orator dalam aksinya menyampaikan bahwa mereka butuh pelayanan tenaga medis dalam ini adalah Dokter Puskesmas, mengingaat kondisi saat sangaat emergency apalagi masih dalam situasi pendemi.

Rian selaku Koordinator Aksi Masyarakat Kecamatan Wasile Tengah saat membutuhkan Dokter Puskesmas dalam bobotnya kami tak butuh siapapun Dokternya yang terpenting Dinas Kesehatan harus secepatnya menggisi kekosongan Dokter di Puskesmas Lolobata

Rian menegaskan bahwa pemberhentian kontrak Dokter Puskesmas dinilanya sepihak. Jika dalil Dinas Kesehatan Halmahera Timur adalah Surat Tanda Registrasi (STR).

Menurutnya Dinas Kesehatan harus terbuka dengan data tenaga medis yang mengantongi STR jika pemberhentian Dokter Henora Simanjuntak karena STRnya telah berakhir.

Sementara Kepala Puskesmas, Haruna Djafar menjelaskan pada saat hearing bersama massa aksi bahwa pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut pada Dinas Kesehatan Halmahera Timur, dan menanggapi untuk saat ini dokter pengganti sudah ada dan sisa menunggu masa isolasi mengingat dokter penghanti baru dari luar kota.

Kapus juga menambahkan bahwa dirinya bukan pemangku kebijakan dalam bentuk kontak Dokter Puskesmas atau tenaga medis lainya, itu adalah kewenangan Pemda Haltim.

Terakhir Haruna Djafar soal kekosongan Dokter di Puskesmas Lolobata mengatakan sudah ada yang menggantikan posisi Dokter Henora Simanjuntak untuk itu pihaknya berharap agar masyarakat dapat bersabar dan menunggu kedatangan Dokter baru harapannya. (Reski Ismail)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close