DaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024Situbondo

Caleg DPR RI Blusukan Ke Pondok Pesantren

Berita Nasional.ID, SITUBONDO JATIM – Sebagai seorang Caleg yang perduli terhadap Pondok Pesantren, Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil 3 Jawa Timur (Jatim), Dr. H. Achmad Rubaie, SH, MH, blusukan ke pondok-pondok Pesantren. Salah satunya, Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Banyu Putih, Situbondo. Rubaie , sapaan akrabnya menyemangati santri agar rajin belajar supaya berguna bagi agama, bangsa, dan negara.

“PP Mamba’ul Hikam adalah PP sedang tumbuh dan berkembang yang diasuh oleh Kyai Muda, Abdul Mun’im dan Ning Naila Ummil Farah. Kedua beliau total mengurus santri-santri yang diamanahi oleh wali santri dari berbagai daerah,” Kata Politisi kelahiran Sampang Madura, Selasa, 16/1.

Mantan anggota DPR RI mengaku haru dan bangga terhadap kedua Kyai dan Ning muda yang mengasuh dengan tekun dan telaten santri-santrinya, walaupun dengan fasilitas terbatas.

Dengan terbatasnya kamar-kamar dan ruang belajar, Kyai, Ning, dan santri tetap semangat belajar. Itulah yang membuat dosen Unitomo Surabaya terkesan dengan semangatnya.

Alasan mengapa melakukan blusukan di Pondok Psantren, menurutnya ingin menunjukkan bahwa kalangan santri harus lebih berkembang. Pihaknya tidak ingin dunia pesantren dipandang kumuh.

Di tempat yang sama, Mun’im, sapaan Pengasuh PP Mamba’ul Hikam Desa Sumber Anyar Dusun Nyamplong Banyu Putih mengatakan, santri putra berjumlah 80 orang. Mereka berasal dari warga sekitar, Ra’as, Kangean (Sumenep), Bali, Bima, dan Bondowoso.

“Santri putri berjumlah 60 orang, juga sama dengan santri putra, hanya ada 3 kamar. Kami sangat membutuhkan infrastruktur agar santri bisa belajar dengan nyaman,” kata Kyai alumni PP Gontor jurusan filsafat ini.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button