Jawa Tengah

Cegah Penyebaran Covid-19 Selama Ramadhan, Pemkot Tegal dan TNI-Polri Canangkan Mall Siaga

BeritaNasional.ID, Tegal – Menjelang bulan Ramadhan, Pemerintah Kota Tegal dan TNI-Polri mencanangkan Mall Siaga Candi. Hal ini sebagai upaya dalam pencegahan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Pencanangan dilaksanakan di basement Rita Mall Jalan Kolonel Sugiono, Sabtu (27/3/2021).

Menurut Walikota, pencanangan Mall Siaga Sandi dilaksanakan oleh Polres Tegal Kota, Kodim 0712 Tegal, Pemerintah Kota Tegal dan pihak Rita Mall diharapkan bisa memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Hasil simulasi dan sidak dihitung betul tentang kapasitas gedung di Rita Mall dalam persiapan menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri mendatang. Hal tersebut agar bisa menghindari kerumunan masyarakat yang belanja.

“Kita arahkan bahwa jaga jarak sangat penting yg terutama saat loket atau kasir sehingga betul-betul konsumen bisa menjaga jarak dengan aman sehingga tidak ada penularan secara langsung,” ujar Dedy Yon.

Pemantauan juga dilakukan secara rutin dan seluruh management mall yang ada di Kota Tegal diharapkan bisa mematuhi protokol kesehatan. Meskipun Covid-19 sudah menurun tetapi kondisinya harus sampai betul-betul hijau.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan, dari empat mall yang ada di Kota Tegal, Rita Mall merupakan yang pertama dalam pencanangan Mall Siaga Candi.

“Pada intinya Mall Siaga Candi digunakan untuk mengendalikan penyeberan Covid-19 sekaligus mendukung program Pemerintah, Polri untuk melakukan pengawalan pemulihan ekonomi nasional,” jelas AKBP Rita.

Ditegaskan, Polri bersama Satgas Covid-19 Kota Tegal, akan terus bersama-sama memberikan rekomendasi di awal dan melakukan evaluasi-evaluasi secara berkesinambungan. Hal itu untuk memberikan rekomendasi apakah tempat yang bisa beroperasi dilanjutkan atau tidak.

“Artinya kita tidak bisa diawal memberikan rekomendasi untuk buka terus dibiarkan begitu saja. Semua harus ada upaya pengawasan dan kontrol dari Satgas Covid-19 Kota Tegal yang mana didalamnya ada tiga Pilar (Pemkot Tegal, TNI dan Polri),” tandas Kapolres.

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, Kepala Dinaskerin Kota Tegal, Heru Setyawan, Sekretaris Dinas Kesehatan Yuli Prasetya, Kepala Kesbangpol Kota Tegal, Budi Saptaji.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button