DaerahRagamSumateraSUMUTTNI Dan Polri

Cegah Wabah PMK, Kapolres Langkat Tinjau Kegiatan Vaksinasi dan Penyemprotan Desinfektan

BeritaNasional.ID, Langkat – Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, S.H, S.I.K, melakukan peninjauan dan pendampingan dalam kegiatan Vaksinasi ternak dan penyemprotan desinfektan ke peternakan milik masyarakat di Langkat, Sumut, salah satu di Kecamatan Secanggang, Kamis (14/7/2022). Vaksinasi ini dilaksanakan oleh Dinas Peternakaan Provinsi Sumatera Utara, yang dilaksanakan di Kecamatan Secanggang.

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, S.H, S.I.K, melalui Kasi Humas Polres Langkat, AKP Joko Sumpeno mengatakan, Vaksinasi dan penyemprotan desinfektan dilakukan guna untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah hukum Polres Langkat.

Tadi itu, peninjaun dan pendampingan dalam kegiatan Vaksinasi ternak dan penyemprotan desinfektan, juga dilaksanakan personil Polsek-Polrres Langjat di Secanggang.

Adapun kegiatan tersebut dibagi menjadi 5 tim, di 5 Kelurahan/Desa di Wilayah Kecamatan Secanggang, dan masing-masaing tim di ketuai oleh:

– Ketua Tim 1 drh Johanes Ginting
– Ketua Tim 2 drh Ashadi
– Ketua Tim 3 drh Titik Huspa Laily
– Ketua Tim 4 drh Chikul Bahri
– Ketua Tim 5 drh Yuni Sitompul

Kemudian untuk personil Polres Langkat yang mendampingi diantaranya:

– Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok S.H, S.I.K
– Kapolsek Secanggang AKP Saliza, S.H
– Waka Polsek Secanggang IPTU Darmansyah
– Kanit Intel AIPTU Suriadi
– Kanit Sabhara AIPTU Weldianto
– Kanit Binmas AIPTU Muliono
– Kanit Provos AIPTU Herianto
– Bhabinkamtibmas di Kecamatan Secanggang
– Personil Polsek Secanggang
– Personil Sat Binmas Polres Langkat

Kemudian dari personil TNI yang mendampingi, diantaranya Danramil 08 Secanggang, dan para Babinsa Koramil 08 Secanggang. Serta dari Kabupaten Langkat, yakni Kadis Pertanian dan KetahanannPangan Kabupaten Langkat, Hendri Tarigan, Kabid Keswan Peternakan Provinsi Sumut, drh Tesra, Camat Secanggang Persadanta Sembiring.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan Provinsi Sumut, drh.Tesra, Ia menjelaskan, bahwa penyebaran vaksin perdana PMK dilakukan secara serentak di Kabupaten/Kota dengan melakukan pemetaan disetiap wilayah dengan tingkat populasi sapi terbanyak.

“Vaksin PMK diberikan kepada sapi yang masih sehat dan belum terkena virus PMK. Hal ini dikarenakan sapi yang sudah terkena vaksinasi PMK, maka sudah terbentuk antibodi didalam tubuhnya,” Sebut AKP Joko Sumpeno.

Dari data yang disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Provinsi Sumut, drh.Tesra, stok vaksin yang sudah diterima sebanyak 11.600 dosis yang akan di sebar di 28 kabupaten kota.

Lanjut AKP Joko Sumpeno, menurut laporan dari Kabid keswan, jumlah hewan yang berada di Provinsi Sumut sebanyak 2.5 juta, yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing, domba dan babi.

Dari data tersebut, sapi dan kerbau yang terkena virus PMK sebanyak kurang lebih 14.952 ekor. Jumlah sapi dan kerbau yang sembuh sebanyak 10.140 ekor. Dan dalam penyembuhan sebanyak 4.754 ekor, beber Kasi Humas Polres Langkat, menirukan perkataan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Provinsi Sumut, drh.Tesra.

Dikatakannya, Giat Vaksinasi dan penyemprotan desinsfektan dilaksanakan di 5 Desa/Kelurahan di Kecamatan Secanggang, dengan sasaran hewan ternak Lembu/Sapi.

Adapun tempat giat Vaksinasi dan penyemprotan desinfektan di Wilayah Kecamatan Secanggang, berlokasi di:
– Kelurahan Hinai Kiri
– Desa Suka Mulia
– Desa Teluk
– Desa Karang Gading
– Desa Secanggang

Untuk Wilayah Hukum Polres Langkat, di Kecamatan Secanggang, sesuai rencana mendapatkan Vaksinasi sebanyak 600 dosis. Masing-masing tim memberikan Vaksinasi ke Lembu/Sapi sebanyak 100 dosis, dengan jenis vaksin “ALTOPOR”.

Total hewan yang sudah di vaksin sebanyak 500 dosis. Sedangkan sisa nya ada 100 dosis, dan itu akan di laksanakan Vaksin nya di hari Jumat 15 Juli 2022, yakni berlokasi di Desa Telaga Jernih, sebut AKP Joko Sumpeno. (Reza/*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button