DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Ciptakan Rutan dan Lapas Bersih Dari Peredaran Barang Illegal, Satpos Patnal Kanwil Kemenkumham Jatim Geladah Rutan Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Untuk menciptakan rutan dan lapas yang bersih dari praktik peredaran gelap narkoba, handphone dan barang terlarang lainnya, tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur (Satpos Patnal Kanwil Kemenkumham Jatim), secara mendadak mengeledah puluhan penghuni rumah tahanan kelas IIB Situbondo, Selasa (31/1/2023).

Selain menggeledah anggota tubuh para penghuni warga binaan Rutan Situbondo, tim juga menyisir setiap sudut ruangan satu persatu. Setiap sudut blok diperiksa petugas, mulai kamar mandi, tumpukan baju hingga alas tidur. Hal ini dilakukan untuk mencari barang-barang ilegal yang dilarang berada di dalam rumah tahanan.

Selain itu, tim juga melakukan tes urin kepada 10 warga binaan Rutan Situbondo di kamar 7,9 dan 10 yang dicurigai mengosumsi barang terlarang, seperti narkoba. Namun dari hasil tes urin yang dilakukan petugas, hasilnya semua negatif. “Tim yang melakukan inspeksi ini, merupakan komitmen pimpinan yang menjadikan rutan atau lapas bersih dari praktek peredaran narkoba dan barang ilegal lainnya,” tutur Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan.

Dalam inspeksi mendadak tersebut, sambung Rudi, tim tidak menemukan jenis barang illegal, seperti narkoba dan sejenisnya. “Tim Satpos Patnal Kanwil Kemenkumham Jatim, hanya menemukan gunting besi sebanyak 1 buah, tang besi 1 buah, gillite 8 buah, pinset 4 buah, kartu domino 2 buah, korek gas 8 buah, charge Mp3 dua buah, potongan kuku 4 buah dan sendok besi 3 buah,” jelas Rudi.

Barang-barang ilegal hasil sitaan dari warga binaan tersebut, kata Rudi, rencananya akan dimusnahkan. Namun, terlebih dahulu petugas akan melakukan interogasi ke warga binaan yang diduga memiliki barang-barang tersebut. “Dalam razia kali ini, Tim Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Jatim tidak menemukan fasilitas khusus atau fasilitas istimewa di dalam kamar blok,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan razia penggeledahan ini berjalan dengan aman, tertib, lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Semua warga binaan pemasyarakatan Rutan Situbondo mendukung dan mampu bekerja sama dengan baik untuk memperlancar proses penggeledahan ini,” pungkas Rudi Kristiawan. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button