DaerahSidrap

Ciptakan Sekolah Berbudaya Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Sidrap Gelar Bimtek Adiwiyata

 

Beritanasional.ID, SIDRAP — Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sidrap menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) menuju Sekolah Adiwiyata, Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan,

Bimtek ditujukan bagi para Kepala Sekolah beserta admin tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, yang berlangsung di Aula SKPD Kantor Bupati Sidrap, Selasa, 14 Desember 2021.

Tujuan bimtek untuk membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Selain itu, meningkatkan pengetahuan, keterampilan para kepala sekolah dan admin dalam hal penginputan data kedalam aplikasi penilaian Adiwiyata.

Bimtek Menuju Sekolah Adiwiyata ini dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Nurkanaah. Acara dihadiri Plt Kadis Lingkungan Hidup, Asmawati Piarah, Kasi PD PK Disdikbud, Harmoko Mustafa dan menghadirkan narasumber Fungsional Penyuluh Lingkungan Hidup, Irwandy.

Dalam sambutannya, Nurkanaah menyampaikan program adiwiyata adalah program kementerian pusat dengan penerapan sekolah berbudaya lingkungan hidup di sekolah maupun lingkungan sekitarnya.

“Gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjaring dan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh sekolah dalam penerapan ramah lingkungan,” ungkap Nurkanaah.

Lanjut Nurkanaah mengungkapkan, adiwiyata tidak hanya bagaimana penanganan lingkungan dan sampah saja, tetapi menyeluruh hingga di kurikulum pembelajaran

“Melalui program adiwiyata kita juga berharap dapat teringtegrasi dalam akreditasi, RPP, kurikulum, profil sekolah, silabus, standar dan kegiatan siswa yang terintegrasi dengan lingkungan,” terang Nurkanaah.

Mantan Kadis Pendidikan Sidrap itu berharap, ke depan wawasan warga Sekolah dapat terbuka sehingga tidak menutup diri terhadap program pemerintah karena salah persepsi terhadap adiwiyata, yang dianggap memerlukan biaya mahal.

“Dengan demikian diharapkan adiwiyata bisa mengajak anak dalam pembiasaan, tanggung jawab, kebersamaan, peduli lingkungan, dan yang utama adalah edukasi ke siswa terkait,” harap Nurkanaah.

“Untuk itu, Nurkanaah berharap melalui bimtek ini para peserta dapat menyerap semua ilmu yang diberikan oleh narasumber,” pungkas Nurkanaah.(Risal Bakri/Beritanasional.ID).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button