DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Cuaca buruk, KSOP Panarukan Situbondo Tunda Pelayaran

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Cuaca buruk, Erlan Apriyanto Kepala Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panarukan, menunda pelayaran di Pelabuhan Besuki, Kalbut dan Jangkar serta Pelabuhan Panarukan, Kabupaten Situbondo hingga batas waktu tidak tertentu, Jumat (23/12/2022).

“Mengingat cuaca buruk yang terjadi di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Situbondo dan berdasarkan laporan BMKG untuk dua hari kedepan, maka kita menunda pelayaran baik angkutan barang maupun penumpang di empat pelabuhan di wilayah Kabupaten Situbondo,” ujar Erlan.

Lebih lanjut, Erlan menjelaskan bahwa, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas KSOP Panarukan telah melakukan himbauan kepada para nahkoda untuk tidak berlayar hingga cuaca membaik.

“Penundaan pelayaran ini berlaku bagi kapal dibawah draf tiga meter, bukan untuk semua kapal. Hal ini dilakukan karena KSOP Panarukan mempunyai kewenangan dan mempunyai tupoksi tentang keselamatan pelayaran,” jelas Erlan.

Tak hanya itu yang disampaikan Kepala KSOP Panarukan, namun dia juga menerangkan bahwa sesuai dengan kabar dari BMKG dua hari kedepan cuaca akan kembali normal. “Namun demikian, petugas KSOP Panarukan akan terus memantau pluktasi keberangkatan kapal tersebut,” kata Erlan.

Cuaca buruk atau peningkatan gelombang, sambung Erlan, terjadi di Laut Jawa, Selat Madura hingga perairan Samudra Hindia. “Kapal-Kapal yang bersandar di pelabuhan Besuki, Panarukan, Kalbut dan Jangkar rata-rata berlayar ke Sapudi, Kalianget, Kangen dan Raas kepulaau Madura. Pelayaran daerah ini kena imbas gelombang besar. Sehingga, nahkoda kita larang berlayar hingga cuaca membaik,” tuturnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button