Ragam

Dalam Rangka HUT ke-63 PIA AG Tahun 2019, PIA AG Cab 15/D. I Lanud Soewondo Laksanakan Serangkaian Ceramah

BeritaNasional.ID Medan – Dalam rangka menyambut HUT ke-63 PIA Ardya Garini tahun 2019, PIA Ardhya Garini Cab 15/D. I Lanud Soewondo menyelenggarakan Serangkaian Ceramah bertempat di Aula Silindung Lanud Seowondo, Senin (14/10/2019).

Pada kegiatan ini, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 15/D.I Lanud Soewondo Ny. Meka Yudanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa gelaran serangkaian ceramah kali ini yaitu, ceramah sosialisasi tentang penyakit Kanker atau Tumor, ceramah tentang Parenting Berbasis Karakter dan ceramah tentang Anti Korupsi.

Selanjutnya Ketua PIA AG Cab 15/D.I Lanud Soewondo menyampaikan, Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang harus kita waspadai. Kanker adalah Tumor yang bersifat ganas yang dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya yang menjadikannya berbahaya. Pada kasus Kanker, sel tubuh membelah secara tidak terkendali, sel ini juga mampu menyusup ke jaringan tubuh lain, kemudian menghancurkan sel-sel yang normal. Karena itulah Kanker termasuk kelompok penyakit yang mematikan.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada kita tentang pengertian Kanker dan Tumor, mengetahui langkah dan cara untuk menghindarinya, mengetahui untuk mendeteksi lebih dini, mengetahui obat-obatan herbal untuk mencegah dan mengobatinya.

Dilain hal, kita sebagai ibu rumah tangga yang memikul beban tanggung jawab yang tidak ringan dalam membentuk karakter positif pada anak. membesarkan dan mendidik anak bukanlah perkara mudah. Kekeliruan orang tua dalam menerapkan pola asuh dapat memengaruhi perilaku anak di kemudian hari. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mempelajari prinsip parenting yang benar agar bisa membentuk karakter positif pada anak. Anak bagaikan kertas putih yang bisa dihiasi dengan coretan atau tulisan. Tulisan tersebut bisa membuat kertas menjadi indah atau sebaliknya, semua itu tergantung pada pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap anak.


Lebih lanjut Ketua PIA AG Cab 15/D.I Lanud Soewondo menyampaikan bahwa pada kesempatan ini kita juga akan menerima materi tentang Anti Korupsi. Korupsi merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang harus diberantas. Agar upaya pemberantasan kopursi efektif, tidak cukup hanya dengan membuat peraturan perundang-undangan saja, namum hal yang lebih penting adalah membangun mental orang-orang yang dapat memberantas korupsi itu sendiri. Tanpa membangun sumber daya manusia yang baik dan berintegritas, mustahil pemberantasan korupsi dapat berjalan dengan maksimal.

“Terkait dengan hal ini, saya mengajak kita semua untuk menjadi pribadi yang bersih, jujur, amanah dan berintegritas, serta menyampaikan dan memengaruhi suami maupun saudara kita untuk mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan sehingga dalam melaksanakan tugasnya tidak akan dihadapkan pada masalah korupsi maupun masalah hukum lainnya. Berkaitan dengan pentingnya pemahaman tersebut diatas, kepada kita semua yang hadir pada kesempatan baik ini, mempunyai kewajiban untuk mengerti dan memahami pentingnya pengetahuan tentang penyakit kanker atau tumor, parenting berbasis karakter dan anti korupsi, guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi pada diri kita, keluarga dan orang sekitar kita,” tutur beliau.

Selanjutnya penyampaian materi sosialisasi diawali dengan materi tentang penyakit Kanker atau Tumor yang disampaikan oleh Licya Maulana, A.Md.Keb., Ayu Novita, A.Md.Keb. dan Yoppi Yeremia Alexander, S.Gz dari Lembaga Kanker Indonesia, dilanjutkan dengan sesi berikutnya yakni ceramah tentang Parenting Berbasis Karakter yang disampaikan oleh dr. Yudi Herlambang dari Prodia, dan ceramah Anti Korupsi yang akan disampaikan oleh Kakum Lanud Soewondo.

Acara ceramah ini turut dihadiri oleh Ketua IKKT PWA Ranting 04 Kosekhanudnas III Cabang BS V Kohanudnas beserta pengurus, Ketua PIA AG Cabang 4/G. IV Wing III Paskhas dan pengurus, Ketua PIA AG Ranting 03-4/G. IV Batalyon 469 Paskhas dan pengurus, segenap pengurus dan anggota PIA AG Cab 15/D.I Lanud Soewondo, serta personel Wara.

(Kiel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close