Daerah

Dandim Dampingi Bupati Tulungagung Tinjau Lokasi Tanah Longsor di Desa Nglurup Sendang

 

BeritaNasional.ID, Tulungagung – Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Mulyo Junaidi, S.E, M.Tr (Han) bersama Kapolres Tulungagung AKPB Handono Subiakto, SH, SIK, MH mendampingi Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo, M.M mengunjungi lokasi bencana tanah longsor di Kecamatan Sendang, Kamis (17/06/2021).

Menurut Bupati, banyak infrastruktur yang rusak dan mendesak untuk segera diperbaiki. Kerusakan tersebut antara lain jembatan putus, jalan tertutup material longsor, jaringan listrik terputus hingga saluran air PDAM.

“Kami minta untuk segera dipulihkan, terutama aliran listrik dan jalan-jalan yang tertutup,” terang Bupati Tulungagung.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah Desa Nglurup, Kecamatan Sendang yang terisolasi. Semua jalan akses ke desa ini terputus karena tumpukan material tanah dan batu. Kondisi diperparah karena tiang-tiang listrik patah, hingga jaringan listrik putus.

“Ada sekitar 270 kepala keluarga yang terisolir. Karena itu kami minta PLN untuk segera memulihkan jaringan,” sambung Bupati.

Pemkab Tulungagung juga akan mengirimkan alat berat untuk menyingkirkan material longsor. Secara total, ada 4 titik longsor yang parah di Kecamatan Sendang dan 5 titik di Kecamatan Pagerwojo. Sebenarnya wilayah Kabupaten Tulungagung sudah masuk musim kemarau.

Sudah dua bulan lebih tidak turun hujan di wilayah kaki Gunung Wilis Tulungagung. Namun hujan deras turun semalaman pada Rabu (16/6/2021) sampai Kamis (17/6/2021) menjelang subuh. Selain longsor di dua kecamatan ini, hujan deras di area pegunungan ini menyebabkan banjir kiriman di Kecamatan Karangrejo.

Saat ini pendataan masih dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama pemerintah desa terdampak. Sekurangnya ada tujuh rumah di Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo yang rusak diterjang longsor.(red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button