BondowosoDaerahJawa Timur

Dandim Dan Kapolres Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutla

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Dandim 0822 Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., bersama Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, SH, SIK., memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka Antisipasi Karhutla dan Bencana Alam Tahun 2023 di Bondowoso, di Mapolres Bondowoso Jl. Veteran No. 01 Bondowoso.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0822 Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, SH, S.I.K., Dinas Lingkungan Hidup Syahrial F., S.T., Kadis Pertanian Hendrik Widonoto, SPt., Sekretaris BPBD Bondowoso Andri Setiawan S.T., Kabid Infokom Diskominfo Yudi H. S.Kom, Staf Perhutani Bondowoso Puji Darmawan, Kapolsek Jajaran Polres Bondowoso, Kasi Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Moh. Kasim, dan Staf PG Prajekan Samuel P. dan Perwakilan Asosiasi Petani Tebu Bondowoso Rolis Wicaksono.

Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, SH, SIK., mengatakan, terjadinya kebakaran lahan tebu dan hutan pinus di beberapa wilayah harus kita antisipasi. Seluruh Kapolsek sudah saya perintahkan untuk memantau, bekerja sama dengan Koramil dan pihak Kecamatan.

“Dalam Rakor ini kami mengundang PG Prajekan dan Asosiasi Petani Tebu. Kami menghimbau, khususnya petani tebu agar sisa panen tebu tidak di bakar.

Tujuannya agar Bondowoso aman dan Kondusif dari berbagi ancaman dan bencana alam. Kami juga meminta masukan dari beberapa instansi terkait yang hadir disini. Karena kita mempunyai tanggung jawab moral untuk menjaga wilayah.
Apabila himbauan sudah di lakukan dan tetap melakukan pembakaran lahan, maka akan berhadapan dengan hukum.

Dandim Suhendra menambahkan, hari ini kita akan bahas mengenai Karhutla dan akan melaksanakan langkah nyata untuk mengatasinya. Karena saya bertanggung jawab sebagai Ketua Penggulangan Bencana.

Mari segera kita bereskan dan tertibkan hal-hal yang merusak lingkungan dan yang menjadi penyebab bencana alam. Saya akan mengecek ulang bersama Kapolres untuk eksekusi yang menjadi hambatan.

Dalam pelaksanaan sosialisasi ini, kita semua harus sama-sama saling membantu dan bekerja sama. Contohnya, sambil melaksanakan kegiatan patroli atau Komsos dengan masyarakat kita juga harus mensosialisasikan tentang cara pengolahan lahan yang benar. Hal ini merupakan langkah preventif untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button