Ragam

Danramil Lumbang sebagai Narasumber Pekan Pancasila

BeritaNasional.ID, PASURUAN –   Bertempat di SMAN 1  Lumbang telah dilaksanakan Kegiatan PEKAN PANCASILA dengan nara sumber Danramil 0819/09 Lumbang Kapten Arh Nanang Sugito. Acara ini diikuti oleh 61 peserta  dari siswi SMAN 1 Lumbang.

Adapun materi yang disampaikan oleh Danramil 0819/09 Lumbang Kapten Arh Nanang Sugito yaitu menjelaskan tentang Pancasila  yang merupakan salah satu dari  4 (empat ) pilar kebangsaan selain UUD 1945,NKRI,BHINEKA TUNGGAL IKA.

Pancasila dinilai memenuhi syarat sebagai pilar bagi negara-bangsa Indonesia yang pluralistik dan cukup luas dan besar ini. Pancasila mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan negara bangsa Indonesia.

Dalam sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung konsep dasar yang terdapat pada segala agama dan keyakinan yang dipeluk atau dianut oleh rakyat Indonesia, sehingga dapat diterima semua agama dan keyakinan.

Sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab, merupakan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Manusia didudukkan sesuai dengan harkat dan martabatnya, tidak hanya setara, tetapi juga secara adil dan beradab. Pancasila menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, namun dalam implementasinya dilaksanakan dengan bersendi pada hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, sedang kehidupan berbangsa dan bernegara ini adalah untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bukan untuk kesejahteraan perorangan atau golongan. Nampak bahwa Pancasila sangat tepat sebagai pilar bagi negara-bangsa yang pluralistik.

Pancasila sebagai salah satu pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki konsep, prinsip dan nilai yang merupakan kristalisasi dari _*belief system*_( Landasan Keyakinan) yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia, sehingga memberikan jaminan kokoh kuatnya Pancasila sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.(penrem83bdj/ich)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button