TNI Dan Polri

Danrem 142/Tatag Serahkan Tunggul Yonif 721/Makkasau ke Brigif 11/ Badik Sakti

Parepare.Sulsel.Beritanasional.id — Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, SE bertindak selaku Irup pada upacara Peresmian Brigade Infanteri 11 Badik Sakti sekaligus pengalihan Komando Pengendalian 3 Kodim dalam jajaran Korem 142/Tatag yakni Kodim 1403 Sawerigading, Kodim 1414 Tator dan Kodim 1419 Enrekang ke Korem 141/Tp. Rabu (15/7)

Selain 3 Kodim, juga dilaksanakan pengalihan Komando Pengendalian 2 Satuan tempur yakni Batalyon Infanteri 721/Makkasau yang dulunya berada dibawah kendali Korem 142/Tatag dan Batalyon Infanteri 726/Tamalatea yg berada dibawah naungan Korem 141/Toddopuli.

Selanjutnya prosesi penyerahan Tongkat Komando Brigif 11 Badik Sakti dari Inspektur upacara kepada Kolonel Inf Jerry Harapantua Simatupang selaku Komandan Brigif 11 Badik Sakti.

Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P menyerahkan tunggul Batalyon Infanteri 721/Makkasau kepada Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, SE selanjutnya tunggul Batalyon Infanteri 721/Makkasau diserahkan ke Komandan Brigif 11 Badik Sakti Kolonel Inf. Jerry Harapantua Simatupang.

Kini Batalyon Infanteri 721/Makkasau dibawah Pengendalian Brigif 11 Badik Sakti yang berkedudukan di Pare – pare.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dalam sambutannya mengatakan, salah satu latar belakang pembentukan Brigif 11 Badik Sakti dan alih Kodal Satuan dalam rangka mengimbangi perkembangan Lingkungan strategis dan mengantisipasi kemungkinan potensi ancaman yang diperidiksi akan selalu bergerak secara dinamis serta bervariatif pada Masa yang akan datang sesuai tuntutan kemajuan zaman.

” Pembentukan Satuan Brigif 11 Badik Sakti merupakan realisasi keinginan , harapan dan permintaan masyarakat serta Pemerintah Daerah ” Kata Pangdam XIV/Hasanuddin

Satuan Brigif 11/Badik Sakti merupakan Satuan organik yang berkedudukan langsung dibawah Pangdam XIV/Hasanuddin dan akan membawahi 3 satuan Batalyon, diantaranya, Yonif 721/Makkasau, Yonif 726/Tamalatea dan 1 Yonif yang akan dibentuk di Kab. Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat.

Selanjutnya Pangdam XIV/Hasanuddin menjelaskan, Satuan yang melaksanakan alih Kodal diantaranya Kodim 1403/Sawerigading, Kodim 1414 Tator dan Kodim 1419/Enrekang yang sebelumnya berada dalam jajaran Korem 142/Tatag dialihkodalkan ke jajaran Korem 141/Toddopuli, hal ini merupakan salah satu pemenuhan tuntutan organisasi dalam rangka pembangunan kekuatan pokok minimum atau minimum essential force yang bertujuan untuk memudahkan Komando dan pengendalian.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button