Ragam

Dapat Kucuran Dana Reward PBB, Desa Sukomaju Renovasi Empat Ruang

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Tahun anggaran 2017 lalu, Desa Sukomaju, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jawa Timur menerima dana reward Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) senilai Rp 64,354,000. Dana tersebut oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sukomaju dimanfaatkan penuh untuk renovasi beberapa ruangan.

Kepala Desa (Kades) Sukomaju Sishadiwiyono, SE (40) menyatakan, dana tersebut dialokasikan untuk renovasi Kantor BPD, LPMD, PKK, Linmas/Babinsa dan Bhabinkamtibmas. “Semua ini kami lakukan demi meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan pada seluruh warga Sukomaju,” ujar Kades Sishadi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/1/18).

Ditambahkan oleh Kades jebolan S1 Untag 1945 Banyuwangi ini, tidak hanya tahun ini saja Desa Sukomaju mendapatkan dana reward PBB. Sejak tahun 2014 hingga 2016, Desa Sukomaju selalu mendapatkan dana reward PBB. Dana itu telah dimanfaatkan untuk pembangunan berbagai proyek, di antaranya pavingisasi, drainase dan pembuangan air (PA) di sawah-sawah secara merata di semua wilayah dusun.

“Hal ini sebagai bentuk penghargaan terhadap jerih payah para kepala dusun dan jajaran kasub blok (jogo tirto) yang telah bekerja keras membantu desa dalam mengejar pelunasan PBB,” ungkapnya.

Selain dana reward PBB, tambah Sishadi, di tahun 2017 desanya juga menerima dana bagi hasil pajak dan retribusi sebesar Rp 28,323,000. Dana tersebut dialokasikan untuk renovasi pagar kantor desa. “Semua renovasi itu kami kerjakan pada Desember kemarin. Karena dana tersebut masuk ke rekening giro pada tanggal 3 Desember,” tuturnya.

Kades Sishadi juga berharap agar pemberian dana reward PBB ke desa-desa terus dipertahankan. Sebab dengan adanya dana reward tersebut, masing-masing desa berlomba-lomba melunasi PBB lebih awal. “Kami sangat berterima kasih pada pemerintah kabupaten. Dengan adanya dana reward ini sangat membantu pembangunan di desa kami,” lontarnya. (Oni)

Caption : Kades Sishadiwiyono dan ruangan di kantor Desa Sukomaju yang direnovasi

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close