ACEH

Dapur DASHAT Hari Keempat Tampilkan Menu Ibu Menyusui

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Kegiatan pelaksanaan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) hari keempat atau untuk ketiga kalinya menampilkan menu untuk ibu menyusui.

Pelaksanaan dapur dashat pada hari ketiga seperti yang berlangsung di Desa Singgah Mata, Kecamatan Baktiya Barat, Jumat (07/12) menampilkan contoh menu makanan sehat dan bergizi untuk para Ibu yang sedang menyusui.

Kepala DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi,SH.MH, yang didampingi Persagi Aceh Utara, Sri Mulyati Mukhtar, SKM, M.Kes,  kepada media ini menjelaskan, kegiatan Dashat ini akan terus dilakukan selama sepuluh hari di 72 Kampung KB yang tersebar dalam 27 kecamatan di Aceh Utara ini.

Kata Fakhruradhi, yang juga didampingi Camat Baktiya Barat, Abdurrachman, S.Sos, dan Ka.Balai KB setempat, Sofyan, SE, bahwa pelaksanaan kegiatan Dashat dimaksud selain menampilkan contoh makanan sehat kepada Ibu Menyusui, juga menampilkan menu makanan untuk bayi dan balita.

Kalau menu untuk ibu menyusui yaitu, nasi putih, daging, ayam gulai, gulai ikan, sayur jagung, bayam bening, pepes tahu telur, sedangkan minuman nya juice mangga dan susu agar-agar, ditambah snacknya dengan dadar gulung isi pisang, cokelat dan mertabak isi sayur telur.

Sesuai jadwal yang telah disusun, kata Fakhruradhi, pada hari berikutnya Kegiatan DASHAT ini akan menampilkan menu untuk kelompok sasaran Ibu Pasca Salin-Menyusui, keluarga berisiko Stunting, kelompok remaja dan kelompok sasaran Catin (calon pengantin).

Sedangkan para narasumber yang akan memperagakan dan menampilkan sejumlah menu ini adalah dari rekan-rekan Persagi (Persatuan Ahli Gizi) yang dibantu oleh personil dari Puskesmas dan Bides atau kader kesehatan.

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya,  tujuan dari DASHAT ini adalah untuk memperlihatkan contoh makanan sehat yang harus dikomsumsikan oleh ibu-ibu tersebut, agar dirinya dan bayi-nya menjadi sehat. Sehingga mereka terhindar dari berbagai penyakit, serta terhindar juga dari Stunting.

Kata Fakhruradhi, program Dashat ini adalah program khusus dari BKKBN  sebagai program dan kegiatan dalam rangka upaya percepatan penurunan Stunting di daerah ini, apalagi angka Stunting kita hari ini lumayan tinggi, yaitu berdasarkan hasil survei dari SSGI berada pada angka 38,03.%.

Mudah-mudahan melalui dapur sehat atasi stunting (Dashat) yang kita gelar ini, maupun upaya lainnya yang juga dilakukan oleh stakeholder terkait lainnya, kiranya angka Stunting di daerah kita ini segera turun, tandas Fakhruradhi. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button