Daerah

Deklarasi ‘Bersinar’ Pemuda Sidorejo Gitik Rogojampi

Disambung Bukber Bersama GBF BPAN LAI Banyuwangi

BeritaNasional.ID,

BANYUWANGI – Setelah puluhan pemuda Dusun Sidorejo Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur melakukan deklarasi Kampung Bersih dari Narkoba (Bersinar) pada Kamis (23/5/19) lalu, hari ini, Minggu (26/5/19) mereka menggelar buka bersama (Bukber) dan pengajian dengan menghadirkan Ustadz Abror, pengasuh Pondok Modern Darur Ridwan, asal Desa Parangharjo Kecamatan Songgon Banyuwangi.

Deklarasi yang saat itu bertempat di Klinik Pratama Dokter Didik Sulasmono (KDS) JL Ali Sakti No. 06 Dusun Sidorejo Desa Gitik Rogojampi, dihadiri salah satu petugas Kemensos RI Bagian Rehabilitasi bernama Herson. Hadir kala itu, Kepala Panti Rehabilitasi Genesa Banyuwangi Foundation (GBF) Tutik Handayani AMd SKep SPd, Pengawas GBF Adi Rijanto ST, Pembina Badan Penelitian Aset Negara Lembaga Aliansi Indonesia (BPAN LAI) Kabupaten Banyuwangi Hakim Said SH bersama jajaran pengurus lainnya.

“Sebagai motor penggerak kalangan muda adalah Kepala Dusun Sidorejo Ahmad Rois. Beliau yang selama ini intens dan gencar mensosialisasikan anti narkoba dikalangan generasi muda di Dusun sini,” lontar dr. Didik Sulasmono selaku Direktur KDS.

Didik Sulasmono yang juga Kepala Divisi (Kadiv) Kesehatan di BPAN LAI Banyuwangi ini mengaku bangga dengan deklarasi ‘Bersinar’ di Dusun Sidorejo Desa Gitik.

“Selama ini kami bersama Pak Kadus Rois terus mengajak pemuda Dusun Sidorejo untuk menjauhi narkoba dan obat obatan terlarang lainnya. Alhamdulillah, berkat kedekatan kita dengan para pemuda disini, mereka bisa terhindar dari narkoba. Terimakasih apresiasi Pak Herson dari Kemensos RI yang sudi hadir dan menyaksikan Deklarasi Bersinar pemuda Dusun Sidorejo Desa Gitik,” ujar Didik Sulasmono lagi.

Kembali pada acara Bukber dan pengajian yang digelar Minggu (26/5/19) sore hingga malam hari oleh kalangan muda Dusun Sidorejo, yang juga dihadiri para orang tua, tampak saat Ustadz Abror menyampaikan tausiyahnya mereka dengan seksama menyimak hingga akhir acara.

Berturut turut ada materi yang disampaikan oleh narasumber Adi Rijanto, selaku Pengawas Instansi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Narkoba Banyuwangi, dan arahan dari dr. Didik Sulasmono.

“Jadi kalau ada teman atau anaknya bapak bapak atau ibu ibu ketahuan mengkonsumsi narkoba atau obat obatan terlarang lainnya, tolong segera melapor kepada Pengawas IPWL. Nanti akan direhab sesuai dengan kadarnya. Karena kalau tidak melapor, justeru nanti urusannya jadi pidana,” terang Didik Sulasmono lagi.

Acara Bukber dan pengajian yang digelar lesehan didepan musholla Dusun Sidorejo ini terlaksana atas prakarsa Organisasi Kepedulian Masyarakat – Remaja Sidorejo (Oskar), bersinergi dengan DPC BPAN LAI Banyuwangi, melalui Divisi Generasi Pertahanan Anti Narkoba Nasional (Gerhana) Genesa Banyuwangi Foundation (GBF) dan Pemerintah Desa (Pemdes) Gitik, serta didukung oleh Klinik Pratama dr. Didik Sulasmono (KDS), Media Poldes Polres Banyuwangi, Pelayanan Masyarakat (Yanmas) dan seluruh warga Dusun Sidorejo Desa Gitik Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. (Oni)

Caption : Suasana Deklarasi ‘Bersinar’di Dusun Sidorejo dan Bukber serta Pengajian dalam rangka Bulan Suci Ramadhan 1440 H.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button