Daerah

Deklarasi Damai Pilkades Serentak Kecamatan Kabat

image_pdf

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Banyuwangi, yang akan digelar pada 9 Oktober 2019 mendatang, Pemerintah Kecamatan (Pemka) Kabat, menggelar deklarasi damai, Kamis (5/9/19) pukul 14.00 WIB.

Deklarasi damai yang bertempat di Hall El Royal Hotel ini dihadiri kompak Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Kabat, diikuti jajaran dinas/institusi samping lainnya seperti Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), para Calon Kepala Desa (Cakades), Plt. Kades, panitia pilkades, tokoh agama (toga), tokoh masyarakat (tomas), BPD dan para pengusaha di wilayah Kecamatan Kabat. Dari 14 desa di wilayah Kabat, hanya 3 desa yang tidak ikut berkontestasi di ajang pilkades. Yaitu Desa Bunder, Kalirejo dan Desa Kedayunan. Total dari 11 desa yang ikut pilkades, ada sebanyak 42 cakades.

Dalam sambutannya, Camat Kabat Drs. Susanto Wibowo MM mengatakan, terkait dengan pelaksanaan kegiatan pilkades yang bakal dihelat pada tanggal 9 Oktober 2019 nanti, tujuannya adalah supaya pesta demokrasi rakyat dimaksud bisa berjalan lancar, sukses dan damai.

“Saya berharap kepada semua cakades untuk siap mentaati regulasi tahapan dan agar selalu membawa perdamaian kepada masyarakat dalam pelaksanaan pesta demokrasi 2019 ini. Dan tentunya harus bersinergi demi suksesnya pelaksanaan pemerintahan desa,” terangnya.

Sedangkan Danramil Kabat, Kapten inf. Surachman, meminta kepada para cakades beserta tim suksesnya agar bisa saling jaga dan bersama sama menjadikan proses pilkades berlangsung dengan situasi dan rasa adem ayem.

“Kuncinya pasti harus sinergi dan bareng bareng melangkah dengan kompak serta penuh kebersamaan demi terwujudnya situasi kondusif wilayah,” ujar perwira TNI AD yang yang sebelumnya adalah Danramil Kota Banyuwangi ini.

Selanjutnya, ketika tiba pada sambutan dari AKP Supriyadi M.Si selaku Kapolsek Kabat, dia tekankan, bahwa deklarasi damai ini merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya konflik yang dimungkinkan terjadi dilapangan saat proses pilkades.

“Maka dalam kesempatan ini, kita minta agar keutuhan dan persatuan dikalangan masyarakat harus tetap dijaga. Guyub rukun dan kompak merupakan kunci dari terciptanya kamtibmas. Dari sini, Insya Allah pelaksanaan pilkades nantinya bisa sukses dan aman,” lontar perwira polisi dengan tiga balok emas dipundak yang sebelumnya adalah Kapolsek Kalipuro ini.

Acara deklarasi damai pilkades di El Royal Hotel diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Kabat. (Apong) 

Caption : Situasi saat deklarasi damai pilkades serentak di El Royal Hotel dan jajaran Forpimka Kabat

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close