AdvedtorialFashionGorontalo

Dekranasda Gorontalo Sukses Gelar Hari Karawo 2024

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo sukses menggelar peringatan Hari Karawo tahun 2024. Malam puncak Hari Karawo di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa (23/1/2024), berlangsung meriah.

“Ini adalah pertama kalinya kita memperingati Hari Karawo yang sudah ditetapkan dengan Peraturan Gubernur Gorontalo Nomor 9 Tahun 2014. Bahkan pada tahun 2017 sudah ada pula Peraturan Daerah yang mengatur tentang karawo,” kata Ketua Dekranasda, Fima Agustina.

Fima mengutarakan, kesuksesan penyelenggaraan Hari Karawo tahun 2024 tak lepas dari dukungan berbagai pihak. Bahkan Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengeluarkan edaran yang ditandatangani oleh Penjabat Gubernur terkait penggunaan pakaian dengan sulaman karawo bagi aparatur dan seluruh masyarakat selama tiga hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 21 hingga 23 Januari 2024.

“Dampaknya sungguh luar biasa, penjual dan perajin yang tadinya sepi menjadi ramai dikunjungi oleh warga yang membeli karawo. Bahkan bahan-bahan kain karawo habis terjual,” ungkap Fima.

Fima berharap peringatan Hari Karawo tahun ini menjadi tonggak untuk terus melestarikan dan mempromosikan karawo ke tingkat nasional dan dunia di tahun-tahun mendatang. Fima menegaskan, Dekranasda akan terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan karawo hingga fesyen khas Gorontalo ini semakin mendunia.

“Karawo ini sudah go internasional, sudah sampai ke Jepang dan Australia. Dekranasda akan terus mendorong perajin untuk menghasilkan produk karawo yang berkualitas, termasuk memberikan pelatihan kepada milenial dan juga anak-anak putus sekolah, serta penyandang disabilitas,” tuturnya.

Malam puncak Hari Karawo diisi dengan parade busana yang diikuti oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya bersama Ketua Dekranasda Fima Agustina, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta pimpinan instansi vertikal dan organisasi perangkat daerah. Ada pula penyerahan penghargaan kepada para bupati dan wali kota, pegiat karawo, serta bantuan kepada industri kecil dan menengah.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button