Daerah

Di Situbonfo, Angka Kriminalitas dan Lakalantas Menurun Berkat Operasi Ketupat Semeru 2019

BeritaNasional.ID,
SITUBONDO – Operasi ketupat untuk pengamanan Lebaran 1440 H berlangsung sukses. Pihak kepolisian bersama instansi terkait mampu bekerja secara profesional sehingga angka kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kabupaten Situbondo mampu ditekan, demikian disampaikan Kapolres Situbondo AKBP. Awan Hariono SH, SIK, MH saat pimpin Apel Konsolidasi Operasi Ketupat Semeru 2019.

“2018 laka lantas sepanjang jalur Pantura Kabupaten Situbondo tercatat 17 kejadian, tahun 2019 ini menurun hanya ada dua kejadian laka lantas,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Awan.

Selain laka lantas, sambung Kapolres, angka kriminalitas juga menurun secara signifikan, dari 34 peristiwa turun menjadi 17 peristiwa kejahatan.

“Alhamdulillah pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2019 berlangsung aman, lancar dan tertib,” kata Kapolres Awan.

Keberhasilan Polri dalam pengamanan operasi ketupat Semeru 2019, sambung AKBP Awan, yang mampu menekan angka lakalantas dan kriminalitas karena adanya peran besar masyarakat juga instansi terkait yang membantu menyukseskan pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2019.

“Keberhasilan operasi ketupat Semeru 2019, merupakan prestasi yang sangat bagus bagi kepolisian Resort Situbondo. Dan keberhasilan ini bukan karena kerja kepolisian saja, namun berkat dukungan instansi terkait serta saat ini kesadaran masyarakat sangat tinggi akan pentingnya keselamatan berlalulintas,” jelas Kapolres.

Sedangkan menurunnya angka kriminalitas, imbuh Kapolres, karena sinergitas polri dengan instansi terkait khususnya dengan seluruh elemen masyarakat yang terjalin harmonis dan saling mendukung satu sama lainnya.

“Selama Operasi Ketupat berlangsung sejak 29 Mei hingga 10 Juni 2019, ada enam pos yang disiagakan di sepanjang jalur Pantura yang terdiri dari satu pos pelayanan dan lima pos pengamanan. Pos-pos tersebut ditempatkan di sejumlah titik rawan kriminalitas maupun laka lantas, yang berada di sepanjang jalur pantura mulai dari ujung barat yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo sampai ujung timur yang berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi,” terang Kapolres.

Atas keberhasilan tersebut, Kapolres Awan mengucapkan terima kasih kepada petugas pengamanan lebaran, instansi terkait yang telah mendukung pelaksanaan operasi ketupat Semeru 2019 dan masyarakat yang sudah mulai tertib lalu lintas. (her)

Caption : Kapolres Situbondo AKBP Awan saat menyalami anggota TNI yang ikut serta dalam Operasi Ketupat 2019

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button