Daerah

Dibuka Bupati Anas, Pawai Lampion Diikuti Ribuan Pelajar Banyuwangi

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Pawai Lampion yang diikuti ribuan pelajar mulai SD/MI dan SMP/MTs di Kabupaten Banyuwangi berlangsung meriah, Senin malam (15/8/17). Beraneka rupa serta beribu lampion menerangi jalanan protokol di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Tak lupa simbol-simbol Pramuka, seperti tunas kelapa, pionering, api unggun dan rangkaian tongkat berpadu dengan lampion ornamen khas budaya Banyuwangi. Tampak ada omprog, barong osing, hingga batik gajah oling semua menyala terang dengan lampu kelap-kelip di dalamnya. Bahkan ada lampion yang menampilkan replika dari destinasi wisata di Banyuwangi.

Jalanan Ahmad Yani hingga jalan Dokter Soetomo yang dilewati ribuan lampion itu jadi terang benderang. Kegiatan para penegak ini merupakan rangkaian dari Scout Lantern. Yakni, rangkaian pawai lampion dalam rangka memperingati hari lahir ke-56 Pramuka.

Dalam pawai lampion ini juga mengkolaborasikan berbagai tampilan kesenian dan simbol-simbol yang syarat pesan moral. Ada tarian gandrung, barong, hadrah, kuntulan, patrol serta berbagai visualisasi dari dasa darma Pramuka.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) Pramuka berharap Pramuka bisa menjadi wadah kreatif dan inovatif kalangan pelajar.

“Melalui semangat hari lahir, Pramuka harus bisa menjadi wadah kreatif dan inovatif, supaya kedepan terus bisa diminati pelajar,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Anas mengajak Pramuka di Banyuwangi untuk menjadi agen-agen informasi bagi sesamanya.

“Adik-adik Pramuka, hendaknya bisa mengkampanyekan berbagai pesan-pesan positif kepada sesamanya. Mengajak untuk menjauhi narkoba dan kegiatan negatif lainnya,” himbau Bupati Anas.

Adanya perkembangan Teknologi Informasi, Anas mengajak Pramuka untuk terlibat aktif dalam kampanye di media sosial.

“Pramuka harus bisa memanfaatkan digital market place agar bisa menjadi generasi yang mandiri,” harapnya.

Acara tahunan ini digelar untuk memperingati hari lahir Pramuka. Diikuti oleh perwakilan semua gugus di Banyuwangi, baik di tingkat SD maupun SMP.

Ketua Kwarcab Pramuka Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko yang juga Wakil Bupati Banyuwangi, di sela-sela acara Scout Lantern di depan Kantor Pemda Banyuwangi, Senin malam (14/8/17) menyatakan kebanggaannya atas eksistensi Pramuka.

“Dalam peringatan hari lahir Pramuka di Provinsi Jawa Timur, Pramuka Banyuwangi mendapatkan anugerah Lencana Dharma Bakti. Penghargaan kepramukaan ini diberikan langsung oleh Kamabida Pramuka Jawa Timur H. Soekarwo, ” pungkas Wabup Yusuf Widyatmoko. (mh.said) )

Caption : Ribuan peserta pawai lampion yang tumpah ruah di start depan kantor Disperindag Banyuwangi, Senin malam (14/8/17)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button