DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Diduga 15 Ekor Sapi Milik Warga Desa Kukusan Situbondo Terindikasi PMK

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Sebanyak 15 ekor sapi milik Prio Sigit warga KP. Krajan Barat RT.001 RW.001 Desa Kukusan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo di duga terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Sabtu (18/6/2022).

“Dari 31 ekor ternak sapi tersebut, ada 15 ekor yang diduga diserang virus PMK. Pemeriksaan ini dilakukan oleh tim Puskeswan drh Dinda dan Forkopimcam Kendit pada tanggal 16 Juni 2022. Kemudian, sapi-sapi tersebut diberi vitamin dan obat-obatan oleh Drh Dinda Tim Puskeswan wilayah kerja Kecamatan Kendit, Panarukan dan Situbondo,” jelas Sertu Mulyono anggota Koramil Kendit.

Sertu Mulyono menjelaskan ketika melakukan pengobatan terhadap 15 ekor sapi yang di duga terinpeksi virus PMK tersebut, Tim Puskeswan ini didampingi oleh Babinsa Desa Kukusan Serda Antok Cahyadi, Paramedik Hewan wilayah Kecamatan Kendit Deky, Kasi Trantib Kecamatan Kendit dan Perangkat Desa Kukusan.

“Untuk mengantisipasi penyebaran PMK itu, maka petugas kesehatan hewan malakukan tindakan lanjutan, yakni melaksanakan penyemprotan disinfektan di kandang ternak yang sapinya terjangkit Virus Penyakit Mulut dan Kaku tersebut,” kata Sertu Mulyono.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button