Lumajang

Diduga Masih Ada Masalah Kegiatan PAMSIMAS Desa Padang Tidak Bisa Dilaksanakan

BeritaNasional.ID, LUMAJANG JATIM-Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat, namun saat ini yang terjadi di desa Padang kecamatan Padang kabupaten Lumajang tahun 2024 tidak bisa di laksanakan lantaran diduga masih adanya permasalahan yang belum terselesaikan.

Akhmad fauzi kepala desa Padang menyayangkan tidak bisa dilaksanakannya Kegiatan PAMSIMAS tahun 2024 di desanya yang mana menurutnya kegiatan tersebut sudah di dok/setujui di DPRD kabupaten Lumajang.

“Saya sangat menyayangkan progam ini tidak bisa dilaksanakan karena tahun ini desa Padang satu satunya di kabupaten Lumajang yang mendapat bantuan ini, dan jika kemarin itu kami pihak desa tidak di positifkan akan bantuan ini terealisasi maka kami akan merencanakan dari dana desa, dan ini lagi saya masih bertanya tanya kegiatan ini kan sudah di dok (disetujui) di dewan DPRD Lumajang tapi kenapa bisa tidak di laksanakan” ujarnya saat di konfirmasi 

“Jika di lihat isi dari surat alasan dinas adanya masalah di inspektorat, itukan waktu kades lama, sedangkan untuk perbaikan itu biaya saya sendiri pak pribadi itu”. Lanjut kades Padang  

Ditempat terpisah dinas perumahan dan kawasan pemukiman melalui kepala bidang cipta karya Aris pidekso ST,MT saat dikonfirmasi melalui pesan washapnya terkait permasalahan apa sehingga kegiatan PAMSIMAS desa Padang tidak bisa di laksanakan dan apa alasannya?.

“Sdh ada suratnya ke desa …itu alasannya” jawabnya

Lanjut Aris pengajuan anggaran yang sudah di setujui oleh DPRD bisa di batal masalah teknis tergantung OPDnya

“Bisa masalah teknis kan opo jare opd pak (red:Bisa masalah teknis kan apa kata OPD)” jawabnya 

“Tahun 2023 aku ada pekerjaan sdh di dok tak batalkan”. Jawab aris lagi 

Aris juga menegaskan kegiatan tersebut bukan di batalkan namun masih bisa dilaksakan di tahun depan atau kemudian hari nanti.

“Sebanrnya istilahnya bukan dibatalkan. Bisa saja dilaksanakan tahun depan atau nanti. Yg jelas sekarang ada maslah teknis dan non teknis tdk bisa dilaksanakan . Gitu ya . Soale nek nerangne akeh iki gak bisa lewat wa   semua ada kajiannya . Aku gak ngawur”. Jawabnya lagi 

Dari informasi yang di peroleh Ada tiga item alasan kegiatan PAMSIMAS desa Padang tidak bisa di laksanakan 1. Kebutuhan air bersih di lokasi yang diusulkan relatif sudah tercukupi, 2. Jaringan air bersih yang ada mash berfungsi dengan baik, 3. Jaringan air bersih yang dimanfaatkan saat ini masih ada permasalahan ditingkat desa. (Rochim/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button