DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Diduga Terindikasi PMK Pada Hewan Ternak, Kandang Sapi Milik Warga Balung Situbondo Disemprot Disinspektan

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Sebanyak 29 ekor ternak sapi di kandang hewan milik Prio Sigit warga Kampung Karang Polo RT.002 RW.001 Desa Balung, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, ada 16 ekor sapi diantaranya terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Rabu (8/6/2022).

Untuk mengantisipasi dugaan terindikasi 16 sapi tersebut terjangkit PMK, Anggota Koramil 0823/06 Kendit bersama Forpimka Kecamatan Kendit melaksanakan penyemprotan disinfektan di kandang ternak milik warga tersebut. Selain penyemprotan, petugas kesehatan juga melakukan pemeriksaan dan memberikan vitamin pada ternak sapi tersebut.

Keterangan yang disampaikan Babinsa Koramil 0823/06 Kendit Serda Anto Cahyadi mengatakan bahwa telah ditemukan indikasi PMK 16 ekor sapi dari sejumlah 29 ekor sapi di Kandang milik Prio Sigit warga KP. Karang Polo RT.002 RW.001 Desa Balung, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo.

“Berdasarkan hasil survei dan pengecekan yang dilakukan pada Hari Selasa Tanggal 07 Juni 2022 oleh Forpimka Kecamatan Kendit bersama petugas kesehatan hewan. Maka pada hari ini Rabu tanggal 08 Juni 2022, petugas melakukan penyemprotan desinfektan kandang yang sapi terindikasi atau terjangkit Virus Penyakit Mulut dan Kuku,” jelas Babinsa Koramil 0823/06 Kendit Serda Anto Cahyadi.

Untuk hari hari selanjutnya, sambung Serda Anto Cahyadi, dokter hewan dan Satgas PMK Kecamatan Kendit akan melakukan pemantauan lebih lanjut dan akan terus memeriksa kesehatan sapi tersebut hingga beberapa hari kedepan. “Hari-hari berikutnya Satgas PMK akan terus mengawasi perkembangan sapi yang terindikasi terjangkit virus PMK,” kata Serda Anto Cahyadi.

Adapung yang ikut dalam penyemprotan disinspektan dan pengobatan sapi milik Prio Sigit, kata Serda Anto Cahyadi, antara lain Tim Puskeswan Wilayah Kendit, Panarukan dan Situbondo, dokter hewan Melati selaku Koordinator Puskeswan Panarukan). Mantri Hewan wilayah Kecamatan Kendit MA. Ridho beserta Kristian Agung Wardana dan Deky serta Satpol PP Kecamatan Kendit Budi.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button