AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

Digelar Dinkes Sinjai, Puluhan Pelaku Usaha IRTP Ikuti Bimtek Penilaian Mandiri Produksi Olahan Pangan

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penilaian mandiri Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) untuk Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), Jumat (05/07/2024) di Aula Hotel Rofina Sinjai.

Bimtek digelar dengan menggandeng Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar. Dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik.

Ketua panitia pelaksana Bimtek, St. Husna dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama sehari dengan melibatkan puluhan pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) dan tenaga kesehatan sebagai peserta.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada pelaku usaha IRTP agar dapat melakukan penilaian mandiri terhadap usahanya sehingga dapat mengidentifikasi elemen-elemen manakah yang belum sesuai dengan kaidah cara pengolahan pangan olahan yang baik dan melakukan perbaikan berkesinambungan dalam rangka menjamin keamanan mutu pangan yang dihasilkan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik dalam arahannya menekankan pentingnya jaminan keamanan, mutu dan gizi pangan.

Sehingga kata dia, pelaku usaha IRTP diharapkan mampu melakukan penilaian mandiri terhadap usahanya.

“Besar harapan kami dengan diselenggarakannya bimbingan teknis ini, para pemilik usaha IRTP dapat secara mandiri menilai, mengevaluasi dan memperbaiki cara produksi olahan pangan,” harapnya.

Usai dibuka secara resmi, Bimtek dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber yang berasal dari BBPOM Makassar. (ACCA/ADV/BERNAS)

 

 

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button