BatubaraDaerah

Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara Buka Poskesdes Gerakan Desa Siaga Aktif

BeritaNasional.ID, BATU BARA SUMUT – Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Kesehatan P2KB menggerakkan program Desa siaga Aktif melalui Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Plt Kadis Kesehatan dr. Deni Syahputra menjelaskan, bahwa Poskesdes ini digerakkan agar penduduk dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan dasar yang memberikan pelayanan kesehatan setiap hari.

Melalui Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) atau sarana kesehatan yang ada di wilayah tersebut seperti, Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu), Pusat Kesehatan Masyarakt (Puskesmas), atau sarana kesehatan lainnya.

“Desa Siaga Aktif bertujuan mempercepat terwujudnya masyarakat Desa dan kelurahan yang peduli. Ini berguna agar Desa menjadi tanggap dan mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri, sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat,” kata dr. Deni di konfirmasi, Senin (28/08/2023).

Manfaat Desa dan Kelurahan aktif ini sendiri, bagi masyarakat nantinya akan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan dasar. Bagi tokoh masyarakat atau organisasi kemasyarakatan membantu upaya pemberdayaan dan penggerak masyarakat di bidang kesehatan.

“Sedangkan bagi kepala Desa atau Kelurahan, dapat meningkatkan status kesehatan masyarakat,” sebutnya.

dr. Deni menjelaskan, manfaat Desa dan Kelurahan siaga aktif bagi masyarakat agar
Kudah mendapatkan pelayanan kesehatan.
Peduli, tanggap dan mampu mengenali, mencegah dan mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi.

Tinggal dilingkungan yang sehat, mampu mempraktikkan PHBS, tokoh masyarakat dan kader berperan aktif memberdayakan dan menggerakkan masyarakat.

Kepada masyarakat diharapkan agar terus melakukan pengecekan kesehatan dengan adanya posko kesehatan di setiap Desa atau Kelurahan ini, agar terus berbenah untuk kesehatan di Kabupaten Batu Bara menjadi lebih baik. (Fitrah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button