Jawa Timur

Dinas PUTR Kabupaten Lumajang Dahulukan Perbaikan Jalan Yang Tidak Terlalu Rusak

BeritaNasional.ID Lumajang- Dinas pekerjaaan Umum dan tata ruang (PUTR) kabupaten Lumajang dalam melayani bangsa wujudkan Progam BerAkHLAK  (Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaborasi) hal tersebut di paparkan di saat acara serasehan bersama media dan LSM di ruang aula Dinas PUTR Selasa (27/12/2022).

Dalam acara tersebut Plt kepala dinas pekerjaan umum dan tata ruang Ir Agus Siswanto S.ST., M.Si., menyampaikan Dinas PUTR ada beberapa bidang dalam menangani pekerjaan umum di kabupaten lumajang. Bidang bina marga, bidang sumberdaya air, tata ruang dengan anggaran yang seharusnya ideal di angka sebesar kurang lebih 176 M Akan tetapi faktanya di tahun 2022 anggaran yang di jalankan kurang lebih 150 M.

“Ya kami di dinas PUTR ini ada beberapa bidang dalam menangani pekerjaan pembangunan di kabupaten lumajang, ada bidang bina marga, bidang sumberdaya air, ada juga tata ruang dengan anggaran yang semestinya idealnya itu kurang lebih 176 Milyar akan tetapi di tahun 2022 ini kami mengelolah anggaran kurang lebih 150 Milyar jadi masih kurang 25 jutaan di tahun depan malah berkurang, anggaran yang kita kelolah di tahun depan kurang lebih 100 Milyar”. Jelasnya 

Agus juga menambahkan untuk mencukupi anggaran yang ada dinas berinovasi dan berstrategi membuat skala prioritas dengan mendahulukan perbaikan jalan yang tidak terlalu rusak.

“Karena itulah Dinas PUTR Lumajang harus membuat inovasi dan stratgei untuk mengelola anggaran tersebut, salah satu caranya dengan membuat skala prioritas yakni dengan mendahulukan perawatan dan perbaikan jalan yang tidak terlalu rusak”. Tambahnya

Kerusakan jalan yang minim akan segera di perbaiki supaya tidak terlalu parah untuk perbaikan jalan tersebut di butuhkan anggaran kurang lebih 10 juta hingga 25 juta, saat ini 50 ruas jalan yang rusak di atas 15 persen.

“Jalan rusaknya minim segera diperbaiki agar tidak semakin parah, untuk ini paling cuma membutuhkan anggaran antara Rp.10 juta hingga Rp. 25 juta,” terangnya sembari menambahkan bahwa di Lumajang tercatat ada 50 ruas jalan yang rusaknya diatas 15 persen”. Ujarnya

Agus juga membeberkan perbaikan jembatan yang ada di naungan dinas PUTR setiap tahun ada 5 jembatan yang di perbaiki dengan anggaran 15 Miliar.

“Belum lagi untuk perawatan dan perbaikan jembatan yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang. Disebutkan bahwa dari sejumlah jembatan yang ada, Dinas PUTR tiap tahun harus memperbaiki 5 jembatan. Tiap tahun dibutuhkan anggaran perbaikan jembatan sebesar Rp. 15 miliar”. Bebernya

Agus juga menyampaikan permintaan maaf kepada media jika pihaknya kurangnya sosialisasi dan ekspos dengan alasan meminilasir permasalahan di karenakan masih banyaknya jalan yang rusak.

Saya meminta maaf kepada media yang ada di Lumajang jika pihaknya selama ini kurang bersosialsiasi dan ekspos Karena jika pembangunan di ekspose dikhawatirnya menjadi masalah karena banyak ruas jalan yang belum bisa diperbaiki”. Ucapnya (Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button