DaerahSUMUT

Dinkes PPPKB Batubara Deteksi Stunting Pada Balita 0-59 Bulan

BeritaNasional.ID, Batubara Sumut – Melalui Gerakan Bersama Penurunan Stunting Membangun Batubara (GEMA PENTING MEMBARA) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB) melaksanaan kegiatan Pengukuran Balita (usia 0-59 bulan), Rabu (23/03/2022).

Bupati Batubara Ir. Zahir, M. Ap mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini menjadi upaya yang sangat strategis dalam melakukan pemetaan dan deteksi dini untuk penanganan stunting secara komprehensif sebagai bagian dari upaya awal dalam memastikan apakah seorang balita tersebut dalam kondisi stunting atau tidak.

Bupati Zahir berharap, melalui kegiatan pengukuran balita untuk pemetaan balita stunting di Kabupaten Batubara harus dapat menghasilkan data yang valid dan dapat di pertanggungjawabkan.

Sehingga penanganan stunting yang berhasil guna dan berdaya guna dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Batubara dalam merencanakan, mengimplementasi, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak.

“Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting  menjadi salah satu komitmen pencapaian Pemerintah dalam tujuan pembangunan berkelanjutan hingga tahun 2030,” ujarnya.

Semantara itu, Kadis Kesehatan PPKb Batubara drg. Wahid Khusyairi, MM menjelaskan, Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Untuk deteksi awal dalam penentuan status stunting pada balita adalah dengan melakukan pengukuran yang dilakukan secara berkala.

Petugas Dinkes PPKB saat melakukan pengukuran balita, upaya pencegahan Stunting.
Teks foto: Petugas Dinkes PPKB saat melakukan pengukuran balita, upaya pencegahan Stunting. (Doc; FTR/01)

Penyediaan data balita stunting yang valid dan akurat merupakan bagian dari sistem manajemen data dalam melakukan intervensi pencegahan dan penurunan stunting, yang dilakukan melalui pengukuran tinggi badan dibandingkan umur balita berdasarkan standar pengukuran yang telah ditetapkan.

“Kabupaten Batubara saat ini sedang dihadapkan pada situasi, bahwa ketersediaan data stunting yang belum valid dan belum akurat. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembaharuan data stunting di Kabupaten Batubara melalui kegiatan pengukuran seluruh balita dengan sasaran usia 0-59 bulan di Kabupaten Batubara,” sebutnya.

Tujuan dilaksanakan pengukuran balita ini adalah untuk menyediakan data balita stunting yang valid dan akurat dalam pengelolaan program pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Batubara.

Sedangkan pelaksanaan pengukuran ini, dimulai tanggal 23 maret sampai 1 april 2022, yang dilaksanakan di 151 Balai Desa/Kelurahan se-Kabupaten Batubara. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button