DaerahJawa TimurKesehatanSitubondoSosial

Dinkes Situbondo dan Jhon Fawcett Foundation Gelar Bakti Sosial Oparasi Katarak Gratis

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Untuk mengurangi penderita penyakit mata katarak yang diperkirakan berjumlah 5.052 penderita, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Jhon Fawcett Foundation (JFF) melaksanakan bakti sosial operasi mata katarak gratis, Senin (10/7/2023).

Bakti sosial yang berlangsung di GOR Baluran Situbondo ini bukan hanya melayani operasi mata katarak gratis saja. Namun, melayani pemeriksaan mata, pemberian kacamata dan pemasangan bola mata palsu secara gratis.

Keterangan yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Sandy Hendrayono mengatakan, kurang lebih sebanyak 5.052 masyarakat Kabupaten Situbondo masih menderita penyakit mata katarak. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo akan menjadi program operasi mata katarak ini berkelanjutan.

“Insya Allah, Dinas Kesehatan akan terus melanjutkan program operasi mata katarak grais ini bekerja sama dengan JFF maupun dari pihak terkait lainnya. Selanjutnya, bakti sosial ini akan memberikan akses pelayanan kepada masyarakat terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki pembiayaan kesehatan,” tutur dr Sandy.

Dalam baksos operasi katarak ini, sambung dr Sandy, tidak melihat miskin dan kaya, peserta BPJS maupun bukan BPJS Kesehatan. “Semua masyarakat bisa mendaftarkan operasi katarak dengan menunjukkan KTP dan KK Kabupaten Situbondo. Karena kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan misi dari Bupati Situbondo, yaitu Situbondo Bebas Katarak yang sehat dan berjaya,” kata dr Sandy.

Lebih lanjut, dr Sandy mengatakan, pelaksanaan operasi katarak ini akan berlangsung selama 5 hari kedepan sampai dengan hari Jumat. “Kami akan melaksanakan kegiatan skrining dan operasi katarak sebanyak 500 orang setiap harinya sampai hari Kamis,” pungkas dr Sandy.

Sementara itu Bupati Situbondo, Karena Suswandi mengatakan, kegiatan bakti sosial Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo bekerjasama dengan JFF merupakan salah satu upaya mencegah kebutaan masyarakat akibat penyakit mata katarak.

“Bakti sosial ini sudah 2 kali dilakukan di tahun sebelumnya dan di tahun ini akan kembali diadakan 2 kali dalam setahun dengan harapan kesembuhan penyakit mata ketarak yang derita masyarakat lebih cepat. Kita juga berupaya semaksimal mungkin agar jangkauan dari pelaksanaan operasi katarak ini lebih dekat dengan masyarakat,” kata Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna.

Dilain pihak, Project Manager Jhon Fawcett Foundation, Komang Wardhana mengatakan, selama pandemi Covid-19 melanda, bakti sosial operasi mata katarak ini sempat vakum. “Saat pandemi Covid-19 melanda bangsa ini, kita tidak melaksanakan kegiatan. Ini kegiatan yang pertama pasca pabdemi Covid-19,” jelas Komang.

Tak hanya itu yang disampaikan Komang, target operasi mata katarak ini sebanyak 300 orang per hari. Tapi, data dari Pemerintah Kabupaten Situbondo untuk operasi katarak ini melebihi. “Untuk target operasi sebanyak 300 orang dan untuk pasang bola mata palsu 10 sampai 20 mata. Namun, semuanya melebih target kiya,” jelas Komang. (As’ad/Heru)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button