Lumajang

Diskominfo Lumajang Dukung Keberhasilan Progam Digital Desa Dengan Lakukan Pembinaan Website Desa

BeritaNasional.ID LUMAJANG JATIM – Guna memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Website Desa dan Kelurahan, bertempat di salah satu cafe di Lumajang, Senin (9/10/2023) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Diskominfo Kabupaten Lumajang, Mustaqim menyampaikan, bahwa pihaknya sangat mendukung adanya transformasi menuju era digital bagi utamanya bagi desa, dan untuk mengoptimalkan pelatihan tersebut Diskominfo juga berkolaborasi dengan Tim Duta Digital Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI di Kabupaten Lumajang.

“Ini harapannya sangat membantu, apalagi untuk pelayanan masyarakat, akan lebih cepat, lebih mudah dan lebih efisien, Mulai dari administrasi dan pelayanan desa menggunakan website, ini harapan kami kedepan,” ujarnya, senin (09/10/23)

Mustaqim menambahkan, dalam perkembangannya, digitalisasi pelayanan harus dilakukan untuk membantu masyarakat, apalagi diera perkembangan teknologi informasi yang terus berjalan cepat. Oleh karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang membuka peluang bagi pemerintah desa maupun kelurahan yang ingin mengupgrade layanan berbasis digital.

“Digitalisasi ini juga ini sifatnya harus dilakukan, sesuai dengan perkembangan. Masyarakat selalu menginginkan peningkatan pelayanan yang semakin mudah, salah satunya melalui desa digital. Nanti kami fasilitasi kebutuhan teman-teman ini, kita saling kolaborasi,” terangnya.

Sementara itu, Perwakilan Tim Duta Digital Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia di Kabupaten Lumajang, Abdul Muiz menerangkan, bahwa saat ini sudah ada 20 kader digital desa di Kabupaten Lumajang yang telah dibina. Beberapa diantaranya sudah melakukan pelayanan desa dan penyediaan informasi berbasis digital, sementara lainnya masih dalam proses.

“Kami bersama tim sudah melakukan pembinaan, sementara masih ada 20 desa, sebagian besar sudah melakukan layanan menggunakan web, nah ini kita lakukan pembinaan terus menuju desa digital,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa adanya pembinaan website desa dan kelurahan yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang sangat membantu Tim Digital Desa dalam proses pembinaan lantaran Diskominfo juga memiliki tim teknis yang sangat mendukung keberhasilan program Digital Desa.

“Intinya kami berkolaborasi, termasuk dengan Diskominfo Lumajang ini sangat membantu kami, harapannya nantinya juga ada pembinaan di semua desa di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (Kom/Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button