Bone BolangoGorontaloWisata

Disparpora Bone Bolango Gelar Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Wisata

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bone Bolango menggelar pelatihan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik Tahun Anggaran 2023. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 12-14 Oktober 2023 di Hotel Grand Q Kota Gorontalo.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta yang merupakan pengelola dan pegiat pariwisata itu dibuka langsung oleh Assisten II Setda Bone Bolango, Basir Noho.

Dalam sambutannya, mewakili Bupati, Basir Noho mengatakan bahwa pengembangan pariwisata tidak hanya didukung infrastruktur, namun juga perlu dibarengi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) sebagai pelaku pengelola pariwisata terutama kemampuan memasarkan destinasi pariwisata melalui pendekatan pemasaran digital.

“Sesungguhnya, peningkatan kualitas SDM inilah yang menjadi kunci untuk pengembangan dan kemajuan pariwisata di Kabupaten Bone Bolango,” kata Basir.

Menurut Basir, destinasi wisata harus dikelola dengan manajemen yang agar menjadi salah satu sumber pendapatan daerah, kesempatan kerja dan berusaha, hingga pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, khususnya di sekitar tempat wisata.

Oleh karena itu, ia berharap kepada para peserta agar setelah pelatihan ini nantinya dapat menerapkan ilmu kepariwisataan di destinasi wisata yang dikelola.

“Kami berharap, melalui pelatihan ini para pengelola pariwisata menjadi enterpreneur tourism yang mampu mengembangkan potensi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango,” pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button