Bencana alamDaerahJawa TimurSitubondo

Diterjang Angin Puting Beliung, Atap Galvalum Rumah Warga di Situbondo Terangkat

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM- Akibat diterjang angin puting beliung, atap galvalum rumah Jusiyana (52) warga RT.002/RW.002, Dusun Randu, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mengalami rusak berat, Rabu (13/9/2023).

Keterangan yang disampaikan Puriyono penyusun laporan data dan informasi pada Pusdalops BPBD Situbondo menjelaskan bahwa, peristiwa kejadian angin puting beliung di daerah tersebut mengakibatkan atap rumah warga rusak.

“Taksiran kerugian materiil itu kurang lebih Rp10.000.000. Bencana angin puting beliung itu datang secara tiba-tiba dan berputar-putar sekitar rumah Jusiyana yang mengakibat atap rumahnya milik Jusiyana terbang berserakan jatuh ke bawah. Pada saat kejadian, Jusiyana sedang berada di kandang sehingga tidak ada korban luka maupun jiwa,” jelas Puriyono.

Keterangan yang disampaikan Jusiyana, lanjut Puriyono, saat peristiwa angin puting beliung itu terjadi, dirinya merasa terkejut dan takut ketika ada angin berputar di atas rumahnya. “Melihat kejadian tersebut, korban langsung lari menjauh dari rumahnya untuk menyelamatkan diri agar tidak tertimpa reruntuhan atap tersebut,” tuturnya.

Lebih lanjut, Puriyono mengatakan, setelah kejadian itu, anggota Pusdalops dan tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kabupaten Situbondo bersama anggota Tagana langsung meninjau dan mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan kaji cepat terkait kerusakan, kerugian dan sumber daya yang terdampak. “Kita juga berkoordinasi dengan pihak kecamatan, Koramil, Polsek dan pemerintah desa setempat,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button