AdvedtorialGorontalo

DKP Provinsi Gorontalo akan Bangun Sarpras Kawasan Konservasi Perairan Teluk Gorontalo di Dua Kabupaten

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Provinsi Gorontalo melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 127 Tahun 2023 telah memiliki Kawasan Konservasi Perairan yaitu Kawasan Konservasi Perairan Teluk Gorontalo.

Kawasan Konservasi Perairan Teluk Gorontalo ini berfungsi untuk melindungi, melestarikan dalam pemanfaatan keanekaragaman hayati laut seperti terumbu karang, padang lamun, habitat Napoleon dan mega fauna laut lainnya secara lestari dan berkelanjutan.

Kawasan Konservasi Perairan Teluk Gorontalo memiliki keunikan fenomena alam dan keunikan yang alami dan berdaya tarik tinggi serta berpeluang besar untuk menunjang pengembangan perikanan dan pariwisata yang berkelanjutan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo melaui Bidang Pengelolaan Ruang Laut dan PSDKP pada tahun 2024 memperoleh alokasi dana DAK yang diperuntukkan untuk pembangunan Pondok Informasi Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo dan Sarana Prasarana Pusat Informasi di Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo.

Rapat Pemaparan awal hasil Perencanaan Pembangunan Pondok Informasi Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo dan Sarana Prasarana Pusat Informasi di Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo pun telah dilaksanakan pada Rabu 6 Maret 2024 yang dilaksanakan secara offline dan secara daring dan diikuti oleh Kepala Bidang PRL dan PSDKP, Fungsional PELP Ahli Muda, Staf Bidang PRL dan PSDKP beserta Konsultan Perencanaan Kegiatan.

“Sebagai amanat tindak lanjut dari terbitnya Kepmen KP nomor 127 Tahun 2023 maka perlu dilakukan pengelolaan kawasan konservasi perairan dimana salah satu tindaklanjutnya adalah pembangunan pondok informasi dan pembangunan sarpras pusat informasi di kawasan konservasi teluk Gorontalo,” ungkap Hartaty Isima Pejabat Fungsional Ahli Muda Pengelola Ekosistem Laut dan Pesisir.

Hal ini juga, lanjutnya, akan menjadi salah satu faktor penilaian Evaluasi Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi (EVIKA) Teluk Gorontalo di Tahun pertama setelah keluar Kepmen KP tersebut.

Untuk diketahui, pembangunan sarpas Kawasan Konservasi Perairan Teluk Gorontalo ini berlokasi di Desa Olele serta Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dan Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button