Jawa TengahTegal

Donor Darah dan KB Gratis Semarakkan Milad ke 34 RSI PKU Muhammadiyah Tegal

BeritaNasional.ID | TEGAL, JATENG – Sebagai rangkaian Milad ke 34, RSI PKU Muhammadiyah Tegal mengadakan donor darah, PAP SMEAR dan KB gratis bagi karyawan dan masyarakat umum.

Pelaksanaan kegiatan bertempat di depan Ruang Radiologi RSI PKU Muhammadiyah Tegal, Kamis (28/12/2023).

Ratusan peserta donor darah, PAP SMEAR dan KB gratis baik karyawan maupun masyarakat umum mengikuti kegiatan ini dengan antusias tinggi.

Ditemui BeritaNasional.ID di sela-sela kegiatan, Ketua Panitia Milad ke 34 RSI PKU Muhammadiyah Tegal, Fathan Maula Azizi, menyampaikan bahwa agenda milad tahun ini merupakan kolaborasi baik internal, organisasi profesi internal maupun eksternal.

“Makanya beberapa agenda kita melibatkan beberapa pihak, termasuk hari ini kita kerjasama dengan PMI Kabupaten Tegal kaitan dengan penggalangan donor darah, termasuk ada KB gratis kita kerjasama dengan organisasi kebidanan,” kata Fathan.

Ditambahkan Fathan, panitia juga menggandeng organisasi Aisyiyah untuk mensukseskan KB gratis. Selain itu kerjasama dengan Laboratorium Cito terkait dengan PAP SMEAR.

“Dengan menggandeng beberapa pihak, maka agenda-agenda kita bisa lebih diterima masyarakat, serta jangkauannya lebih luas lagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Fathan, hari ini merupakan kegiatan terakhir dari Milad ke 34 RSI PKU Muhammadiyah Tegal, setelah sebelumnya banyak juga agenda lainnya.

Untuk diketahui, Milad ke 34 RSI PKU Muhammadiyah Tegal tahun 2023 mengambil tema “Shimming bio expectations”.

“Jadi intinya dengan berbagai target dan visi kita, harapannya apa yang kita lakukan bersama melampaui impian kita,” jelas Fathan.

Terpisah, Kasi Tata Usaha PMI Kabupaten Tegal, Istiqomah berharap dengan adanya kerjasama dengan RSI PKU Muhammadiyah Tegal, maka ketersediaan darah bagi PMI bisa terus meningkat.

“Dengan kolaborasi bersama RSI PKU Muhammadiyah Tegal kita bisa targetkan stok darah untuk memenuhi kebutuhan di Kabupaten Tegal, dan ini sudah rutin kita lakukan disini,” ujar Istiqomah.

Pihaknya menyebut, untuk target perolehan pada kesempatan ini, yakni 150 kantong. Meskipun selama liburan ini permintaan darah meningkat, namun stok darah di PMI Kabupaten Tegal masih aman.

Sementara penanggung jawab pelaksanaan KB gratis dari organisasi profesi kebidanan, Nurul Azizah mengatakan, melalui kegiatan ini peserta bisa melakukan beberapa hal terkait dengan KB.

“Peserta bisa melakukan pemasangan IUD, implan, suntik KB maupun pil KB. Untuk MOP kita ngga melayani karena biasanya habis operasi,” terang Nurul.

Meski sebenarnya target pelaksanaan KB gratis sejumlah 30 orang, lanjut Nurul, namun tidak menutup kemungkinan bisa bertambah, tergantung permintaan masyarakat.

“Yang daftar langsung juga bisa, dan animonya sangat tinggi. Ada dari berbagai wilayah di Kabupaten Tegal, kiriman dari Aisyiyah yang turut berpartisipasi,” tandas Nurul.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button