DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

DP3APPKB Situbondo Gelar Bintek Pengisian Evaluasi Kabupaten Layak Anak

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk meningkatkan nilai Kabupaten Layak Anak (KLA), Dinas Pemberdayaan Permpuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo melaksanakan bimbingan teknis pengisian evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022, Selasa (15/3/2020).

Kegiatan Bimbingan teknis yang berlangsung di lantai II Pemkab Situbondo tersebut, dihadiri langsung oleh Drs. H. Moh. Imam Darmaji Kepala Dinas Pemberdayaan Permpuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo serta dihadiri oleh lembaga-lembaga terkait yang berkompenten pada bidang KLA se Kabupaten Situbondo.

Sambutannya yang disampaikan Kepala DP3AP2KB Situbondo Drs. H. Moh. Imam Darmaji, M.Si., menjelaskan bahwa, jumlah anak sekitar 30 persen dari jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Situbondo. Anak sebagai calon pemimpin dan pembimbing di masa mendatang, maka perlu ditingkatkan kualitas SDM secara dini.

“SDM anak harus ditingkatkan mulai dini dan perlu adanya intervensi, sehingga kedepan harapannya anak lebih siap, terampil dan ahli dalam menghadapi berbagai kemajuan tekbologi. KLA merupakan salah satu sistem pembangunan yang mengintegrasikan komitmen dari semua pihak dalam mengambilk kebijakan program dan kegiatan berbasis hak-hak anak.

Tujuan untuk pemenuhan hak-hak dan perlindungan khusus anak, sambung Imam Darmaji, maka harus ada evaluasi KLA yang mempunyai 26 indikator yang mencerminkan kelembagaan dan 5 klaster hak anak juga harus dipenuhi agar nantinya menjadi kabupaten atau kota layak anak.

“Adapun lima hak anak yang harus dipenuhi, antaranya klaster satu yakni hak sipil dan kebebasan. Kedua, mendapatkan hak lingkungan, keluarga dan pengasuhan alternatif. Ketiga, pemenuhan hak anak atas kesehatan dan keempat, hak kesejahteraan pendidikan serta pemanfaatan luang waktu dan kegiatan budaya dan kelima, hak perlindungan khusus anak,” jelas Imam Darmaji.

Di tahun 2021, kata Imam Darmaji, Kabupaten Situbondo meraih penghargaan kabupaten layak anak dengan menduduki peringkat madya dan memperoleh nilai tergolong masih rendah yaitu 606,33. “Untuk meningkat nilai rendah itu, maka kita harus hati-hati, agar tidak turun peringkat. Harap kami pada tahun ini minimal nilainya tetap bertahan di peringkat madya dengan nilai tertinggi,” harap Imam Darmaji. (***)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button