Megapolitan

DPRD-DKI Sarankan Anies Anggaran Formula E Dialihkan Untuk Penanganan Covid-19

BeritaNasional.ID Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, memberi saran Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, agar mengalihkan anggaran penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E untuk penanganan kasus virus Corona atau Covid-19 di Jakarta.

Dengan anggaran itu, ketika Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengambil kebijakan karantina wilayah, maka kebutuhan warga khususnya kalangan menengah kebawah bisa terpenuhi.

“Masih ada anggaran yang kami melihat kurang produktif dan akan sangat baik bila dialihkan untuk penanganan corona ini. Contoh anggaran penyelenggaraan Formula E,” kata Prasetio dikonfirmasi wartawan, Senin (30/3/2020).

Menurutnya, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah daerah dalam hal ini gubernur wajib merelokasi anggaran untuk mengutamakan pencegahan COVID-19.

“Dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor: 440/2622/SJ juga sudah jelas bahwa pendanaan yang diperlukan untuk penanganan corona di daerah dibebankan pada APBD,” ucap Prasetio.

Dijelaskan politisi PDI-Perjuangan ini, saat ini yang perlu dilakukan Anies adalah menjamin kebutuhan hidup warga, terutama dari kalangan menengah kebawah dan warga yang mengandalkan penghasilan harian.

“Sejak terbitnya seruan Gubernur tentang penghentian sementara perkantoran harus disadari penghasilan mereka di sektor informal dengan penghasilan harian mereka jeblok. Karena itu sebelum mewacanakan karantina wilayah, saya minta Gubernur untuk memikirkan warga bawah ini,” papar Prasetio.

Ia yakin, jika para pekerja yang menggantungkan nasib dari penghasilan harian dipenuhi kebutuhannya, maka kebijakan untuk tidak keluar rumah bisa berjalan dengan baik.

“Dengan begitu, imbauan untuk social distancing, physical distancing di Jakarta bisa terkendali dengan baik,” tandas Prasetio. (DKI/1)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button