DaerahSidrap

Dua Siswa SMPN 1 Pangsid Sidrap Wakili Sulsel Training Center Gala Siswa Tingkat Nasional

 

Beritanasional.ID, SIDRAP– Kabupaten Sidrap mengutus dua siswa untuk mengikuti training center (TC) Gala Siswa Indonesia (GSI) Sekolah Menengah Pertama Tingkat Nasional. Dua siswa tersebut bernama Muhammad Fawzi Tahir dan Faqih Rezaldy Iqbal.

Menariknya, mereka berasal dari sekolah yang sama, yakni SMPN 1 Pangsid Kabupaten Sidrap. Lolosnya kedua siswa itu berarti Kabupaten Sidrap memborong dua jatah Provinsi Sulsel di GSI Nasional.

Sesuai aturan, setiap provinsi hanya berhak mengirim dua pemain pada ajang hasil kerja sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional, dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pelepasan pemain berlangsung di SMP Neg 1 Pangsid yang terletak di Jalan Andi Haseng, Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap. Keduanya dilepas Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Sidrap, Soetarmi DM.

Turut hadir, Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Sidrap, H. Sirajuddin Asi, Kabid Pembinaan Ketenagaan, Syamsuddin, Kabid Humas IKP Kominfo Sidrap, Anwar D. Nurdin, Kepala SMPN 1 Pangsid, Muslimin, Ketua Komite Sekolah, H. Sanre Manike, pelatih, dan orang tua siswa.

Ketua Askab PSSI Sidrap, Soetarmi mengungkapkan apresiasi atas terpilihnya kedua siswa mewakili Sulawesi Selatan di ajang Gala Siswa Indonesia.

“Ini bukti kita punya talenta yang perlu dikembangkan. Semoga dua siswa ini mendapat hasil terbaik, mari kita dukung dan doakan bersama,” ungkap Soetarmin.

Lanjut Soetarmin menyatakan, Askab PSSI Sidrap senantiasa melakukan upaya-upaya yang terbaik dalam pembinaan olahraga sepak bola di Bumi Nene Mallomo Sidrap.

“Insya Allah tahun depan Kami akan laksanakan turnamen antar pelajar SMA, SMP dan SD sebagai persiapan Piala Soeratin yang ini merupakan cikal bakal mendapat bibit pemain muda dan memperkuat pembinaan sepak bola Nasional,” ujar Soetarmi.

Sementara Sirajuddin mewakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap menyatakan keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras dan pembinaan yang berkesinambungan dari Askab PSSI Sidrap, para guru dan pihak lain.

“Kepada kedua siswa Saya ingatkan untuk memperlihatkan kemampuan terbaik, karakter dan daya juang, patuhi semua aturan yang ada,” pesan Sirajuddin.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Pangsid, Muslimin mengutarakan, GSI merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan untuk menggali prestasi pelajar.

“Seleksi berlangsung ketat mulai dari Tingkat Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. Ini menyesuaikan kebijakan Pemerintah pada akibat pandemi covid-19, sehingga dilaksanakan secara daring dan luring,” ungkap Muslimin.

Sementara, Ketua komite SMPN 1 Pangsid, H. Sanre Manike, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sidrap dan Askab PSSI Sidrap yang mendukung dan membimbing para siswa.

“Dan saya berpesan kepada anak-anak ini agar selalu menjaga nama baik Sekolah, dan nama baik daerah kita,” katanya.

Dalam pelepasan itu Askab PSSI Sidrap dan Disdikbud Sidrap menyerahkan bantuan kepada kedua siswa untuk mengikuti training center Tingkat Nasional. Training center sendiri akan dilaksanakan di Bogor Jawa Barat, diawali pembinaan karakter 16-20 November dilanjutkan penilaian skill 21-30 November 2021. (Risal Bakri).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button