DaerahEks Keresidenan Madiun

Dukung Penyelenggara Pemilukada, Puluhan Warga Ponorogo Gelar Unras

BeritaNasional.ID, Ponorogo – Satu bulan menjelang gelaran Pilkada serentak di Ponorogo, puluhan warga yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Pilkada (Mapil) Kabupaten Ponorogo menggelar aksi unjuk rasa di tiga lokasi sekaligus, yakni di depan kantor Bawaslu, Pemkab, dan Kantor KPUD Kabupaten Ponorogo, Senin (2/11/2020).

Aksi tersebut untuk mendukung pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo pada 9 Desember mendatang dengan damai, jujur dan adil serta mengajak masyarakat senantiasa menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pilkada tahun ini.

“Aksi unjuk rasa ini untuk memberi support kepada penyelenggara Pilkada mulai KPUD, Bawaslu dan Pemkab Ponorogo agar bersikap netral. Tidak memihak salah satu calon,” kata Agung Budi Prayitno, Koordinator Aksi.

Lebih lanjut, Agung Budi Prayitno menegaskan, pihaknya mendukung Bawaslu agar tidak terpengaruh adanya intervensi dari pihak manapun. Hal ini penting untuk kelangsungan Pilkada Ponorogo yang aman, jujur, dan kondusif.

Sedangkan, kepada jajaran Pemkab Ponorogo, Budi menghimbau agar ASN di lingkup Pemkab Ponorogo bersikap netral dan tidak ikut – ikutan untuk mengkampanyekan salah satu paslon, apalagi ikut menyebar berita bohong alias hoax.

“Jelang Pilkada ini, Pemerintahan harus tetap berjalan dan tidak terpancing isu – isu yang tidak jelas. Selain itu, Pemerintah juga harus hadir dalam masa transisi ini, dan tentunya harus tetap berpihak kepada masyarakat,” imbuhnya.

Di KPUD, Agung Budi juga berorasi agar KPU sebagai penyelenggara Pemilukada harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemilih. Pihaknya berharap, nantinya KPU bisa meyakinkan pemilih untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya dengan tidak khawatir akan bahaya virus Covid – 19.

“Ini masa pandemi, masyarakat banyak yang khawatir. Nah ini tugas KPU untuk terus memberikan pemahaman kepada pemilih bahwa proses pilkada ini sudah sesuai protokol kesehatan. Harapan kami, Pilkada Ponorogo ini nantinya minim golput dan bisa berjalan lancar dan damai,” pungkas Budi. (ns/is)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button