DaerahLangkatSumatera UtaraSUMUT

EMP Gebang Limited Bina UMKM di Desa Bubun dan Tapak Kuda

BeritaNasional.ID, LANGKAT SUMUT – EMP Gebang Limited telah membina kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Bubun dan Desa Tapak Kuda, Kecamatan Tanjung Pura. Hasilnya, kedua UMKM ini mampu menghasilkan 6 jenis produk makanan olahan. Keberadaan UMKM ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Dan UMKM ini ada berkat bentuk kepedulian EMP Gebang Limited, yang diketahui sudah diciptakan sejak tahun 2022.

Selanjutnya bahan baku yang di olah para UMKM ini berasal dari desa setempat, terkhusus lagi, bahan bakunya berbahan baku ikanan.

Pantauan awak media ini, terlihat pihak perusahan melakukan peninjauan atau monitoring “Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) EMP Gebang Limited”.

Kelompok UMKM ini sudah dibina oleh pihak EMP Gebang Limited dan terus melakukan pemantauan bagi UMKM.

“Harapan kita, dengan UMKM ini dapat menambah penghasilan bagi kaum ibu-ibu, dimana diketahui kaum ibu-ibu ini sering tinggal di rumahnya. Sementara sang suaminya pergi melaut mencari ikan,” ucap M Hanshardi, selaku Media Relation EMP, Selasa (16/1/2024).

Hanshardi menuturkan, produk yang dihasilkan yang diusahakan kaum ibu-ibu ini di antaranya:

1. Kerang crispy
2. Barai crispy
3. Kue bawang kecepai
4. Peyek
5. Abon ikan
6. Keripik singkong pedas

“UMKM ini terletak di Desa Bubun dan Desa Tapak Kuda, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. UMKM ini sudah ada sejak tahun 2022,” ucapnya.

“Para UMKM ini juga semulanya sudah diberi pelatihan, sudah diberi bantuan dana awal, serta sudah dibantu peralatan kebutuhan UMKM,” beber Hanshardi, seraya mengatakan, program ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan, di mana di desa tersebut merupakan lokasi tempat kegiatan proses seismic dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan pengeboran sumur Migas yang baru.

Turut hadir langsung dalam monitoring Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) EMP Gebang Limited, diantaranya M Hanshardi selaku Media Relation EMP, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut, Yanin Kholison, dan Ronny Lilipaly selaku Field Coordinator EMP Gebang Limited. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button