BanjirBencana alamDaerahSumateraSUMUT

Empat Mesin Sedot Air di Tanjung Pura, Warga: Itu Berkat Kordinasi Djohar Arifin ke Gubsu

BeritaNasional.ID, Langkat – Prof. DR. Ir. H. Djohar Arifin Husin, selaku Anggota MPR RI/Anggota DPR RI Komisi X, dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), ternyata diam-diam berupaya mengatasi banjir di Kota Tanjung Pura, dengan cara berkordinasi ke Gubsu, yakni untuk melakukan penyodatan air atau membuang takungan air dari titik penampungan air, atau waduk (bank air) yang berada di Lingkungan X Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut, Sabtu (5/11/2022).

Kabar tersebut tergembus (tersiar) ketika Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Sumut turun membawa 4 mesin penyedotan air. Selanjutnya Tim melakukan kegiatan penyedotan air dari titik waduk/bank air di Kelurahan Pekan Tanjung Pura.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Tanjung Pura Nawawi, Lurah Pekan Tanjung Pura, Suwanto, para staf kecamatan dan lurah, perwakilan Koramil 11 Tanjung Pura, serta tim dari BPBD Langkat. Hadir juga Waka Polres Langkat beserta Kapolsek Tanjung Pura, yang juga meninjau kondisi waduk yang sedang beraktivitas menyedot air.

Beberapa warga Tanjung Pura yang ditemui mengatakan, ucapan terimaksih kepada pak Djohar Arifin Husin, dimana telah melakukan kordinasi kepada Gubenur Sumut Edy Rahmayadi, selanjutnya menurunkan Tim BNPB Sumut, untuk membantu menanggulangi banjir atau air yang menggenang di Kota Tanjung Pura menjadi menyurut, meskipun penyuruta itu berlahan berkurang, ucap para warga. 

Pantauan beritanasional.id, setelah beberapa jam hidupnya 4 unit mesin sedot air dari Tim BNPB, dan 3 unit mesin waduk yang sudah stanbay hidup, terlihat debit air berlahan berkurang, atau terjadinya penyurutan air dari kota Tanjung Pura.

Camat Tanjung Pura, Nawawi ketika dikonfirmasi terkait adanya bantuan 4 unit penyedot air (mesin pembuang air) dari pihak BNPB Sumut, pihaknya mengatakan ucapan terimakasih banyak.

“Kami atasnama Kecamatan Tanjung Pura mengucapkan banyak terimakasih kepada Provinsi Sumut dan Pemko Medan, dimana telah menurunkan Tim BNPB untuk menyedot atau membuang air dari waduk ke muara Sungai Sei Batang Serangan di Tanjung Pura ini. Apapun bantuan yang diberikan kami mengucapkan terimakasih, “sebut Camat Tanjung Pura Nawawi. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button