Jawa TimurNasionalPendidikanRagam

Event JFC 2021 “Virtue Fantasy” Kreatifitas Tanpa Batas di Tengah Pandemi

BeritaNasional.ID, JEMBER – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia tidak lantas membuat mati kreativitas dan event-event bergengsi di Jember. Buktinya, acara spektakuler tahunan Jember Fashion Carnival (JFC), yang sudah mendunia masih tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengaku bangga dengan adanya kegiatan tersebut. Menurut dia, JFC tidak hanya menjadi kekuatan dan kebanggaan masyarakat Jember. Melainkan juga sebagai aset Nasional. Lebih-lebih, JFC sudah pernah tampil pada Event di Dubai.

“Terimakasih yang terhormat Presiden RI. Terimakasih Bang Sandi selaku Menteri Parekraf. Baru-baru ini JFC berkesempatan tampil di Dubai. Kami Bupati Jember mewakili masyarakat Jember sangat bahagia,” ungkap Bupati Jember, Hendy Siswanto saat pembukaan JFC di Grand Ballroom Edelweiss Hotel Cempaka Hill jember. Sabtu malam 20/11/2021.
Peserta Perwakilan dari 6 daerah Tampil di JFC 2021 Jember
Selanjutnya, Hendy menceritakan kebanggaannya terhadap JFC. Menurutnya, dirinya sebelum menjadi bupati hanya bisa melihat JFC dari gang rumah dan di jalan-jalan.

“Dan saya tidak bisa membayangkan saya sekarang beridiri disini memberikan sambutan. Tentu suatu anugerah. Saya diberi amanah oleh Masyarakat Jember,” terangnya dalam sambutan pembukaan JFC, S

Hendy  pun berharap, pelaksanaan JFC bisa menjadi motivasi bersama. “Kita bisa mengadakan acara tanpa mengurangi makna dan kehebatan JFC. Mudah-mudahan motivasi ini bukan hanya untuk Masyarakat Jember saja. Namun juga untuk negeri yang kita cintai. Sehingga dengan adanya pandemi, kita harus lebih semangat, maju, ekonomi bangkit, dan kreatifitas terus kita kembangkan,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini Peserta JFC akan menampilkan yang terbaik, mudah-mudahan menjadi motivasi untuk kita semua dalam situasi Pandemi Covid-19, karena asih bisa menggelar acara, yang tidak mengurangi makna dan kehebatan JFC. 

“Meski ditengah pandemi kita tetap harus semangat untuk berkarya, ekonomi kita tetap bangkit, semua kreativitas kita tetap kita kembangkan,  Melebihi tahun-tahun yang lalu,”harapnya.

Sementara Presiden JFC, Budi Setiawan menjelaskan bahwa JFC Tahun 2021, menggelar  4 Rangkaian Event Carnival yakni WACI and Pet Carnival,

Artwear Carnival, Internasional  World Kids Carnival serta Grand Carnival.

“Untuk hari ini (Sabtu siang,20/11) WACI and Pet Carnival dan malam harinya, Artwear Carnival, menampilkan JFC busana muslim,” jelasnya.

Sedangkan kegiatan Internasional World Kids Carnival serta Grand Carnival, diikuti lebih 6 negara secara virtual, digelar Minggu hari ini.

Dia menegaskan tema JFC tahun 2021, yaitu Virtue Fantasy, dengan 9 Sub Tema (Defile) yakni Komodo, Flamingo, Elephant, Sea Dragon, Dragonfly, Dove, Unicorn, Honey Bee dan Lion.

Semuanya menggambarkan perjalanan manusia hidup manusia, mulai dari lahir, mencari nilai-nilai kehidupan, kesetiaan, kebijaksanaan sampai mereka menjadi seorang pemimpin seperti dalam tema lion,”terangnya. 

Dia menjelaskan ada perbedaan pergelangan JFC di masa pandemi, dibandingkan tahun 2 lalu, yakni adanya pembatasan jumlah penonton, serta menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan baik dan ketat.  

Meski demikian, penonton  yang tidak bisa menyaksikan secara langsung, bisa menyaksikan melalui streaming, di Chanel YouTube Jember Fashion Carnival (JFC).

“Ada konten tambahan, penonton juga bisa menyaksikan di sinema jember, untuk kepulauan Riau kita gelar secara virtual,”katanya.

Budi Setiawan, juga menjelaskan peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, datang dari beberapa daerah Jawa Timur, Jawa tengah hingga Bandung. Ada 6 daerah, yaitu Kabupaten Jember Jember, malang, solo, Nganjuk, Kebumen Jateng serta  Bandung dan kepulauan Riau.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button