RagamSosial

Gandeng GRI, Konsultan ABDSI Dilatih Jadi Trainer Laporan Berkelanjutan

BeritaNasional.ID, Jakarta – Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) menggandeng  Global Reporting Initiative (GRI) dalam kegiatan Pelatihan Intensif Calon Pelatih “Sustainability Reporting:  Branding, Marketing, dan Akses Pasar Ekspor”.

Kegiatan dilaksanakan selama 5 (lima) hari, 15-19 Juni 2020 secara online melalui media zoom dan diikuti 30 konsultan BDS dari berbagai daerah di Indonesia.

Saat membuka acara, ketua umum ABDSI, Cahyadi J. Sukmono mengatakan, melalui pelatihan calon pelatih atau ToT ini diharapkan ABDSI meningkat kapasitas dan kompetensinya dengan memiliki tim konsultan dengan standar GRI. “Hal ini sejalan pula dengan visi dan misi ABDSI untuk menjadi lembaga konsultan bisnis kecil, menengah dan koperasi terbesar di ASEAN,” tambahnya.

Sementara itu, Lany Harijanti, GRI Country Program Manager mengatakan, GRI adalah organisasi internasional independen yang membantu sektor usaha, pemerintah dan lainnya memahami dan mengkomunikasikan usahanya pada isu keberlanjutan (sustainability).

GRI menghasilkan standar untuk pelaporan keberlanjutan berkelas dunia yang dapat dipercaya dan banyak dipakai, yang memungkinkan organisasi untuk menilai dan memahami dampak yang paling penting pada lingkungan, masyarakat (sosial) dan ekonomi.

Pelatihan intensif ini difasilitasi juga bapak Hendri Yulius Wijaya, GRI’s Program Implementation Specialist.

Dikatakannya, pada akhir pelatihan, calon pelatih ABDSI akan memiliki keterampilan dasar untuk mengidentifikasi potensi material sustainability dari UMKM dampingannya, menyusun template awal profil atau laporan perusahaan yang sesuai dengan prinsip dan standar GRI.

Ketua panitia pelatihan, Bahrul ulum Ilham berharap, konsultan yang tergabung dalam ABDSI  nantinya bisa membantu UMKM naik kelas dan go global, antara lain penyusunan company profile yang menunjukkan tentang bisnis, bagaimana melakukan bisnis dan bagaimana UMKM mengelola dampak keberlanjutannya. (*)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close