DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Gandeng Komunitas Intelijen Daerah, Kesbangpol Situbondo Gelar Sosialisasi Deteksi dan Cegah Dini

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Situbondo, melaksanakan sosialisasi sistem deteksi dini dan cegah dini, yang berlangsung di Aula RM Restu Jalan PB Sudirman Situbondo, Rabu (08/06/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Situbondo, yang terdiri dari Pasi Intel Kodim 0823 Situbondo, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Situbondo dan Kasat Intelkam Polres Situbondo.

Selain itu, sebanyak 30 peserta yang terdiri dari Kasi trantib kecamatan se-Kabupaten Situbondo, ketua dan anggota FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) Kabupaten Situbondo dan instansi terkait juga hadir dalam sosialisasi tersebut.

Keterangan yang disampaikan Sophan Efendi Kepala Bakesbangpol Kabupaten Situbondo mengatakan, melalui sosialisasi ini para peserta diharapkan memperoleh pengetahuan, pemahaman dan pedoman dalam melaksanakan tugas di lapangan, terkait penanganan isu-isu aktual dan konflik sosial di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, tidak ada keraguan dan kegamangan dalam bertindak.

“Sosialisasi cara deteksi dini tersebut, sebagai upaya dalam prediksi kejadian, dengan memperhatikan indikasi untuk dijadikan masukan dalam pengambilan kebijakan. Sehingga, setiap bentuk permasalahan dan isu-isu aktual yang ada di wilayah, kita bisa mengetahi lebih awal,” terang Sophan Efendi.

Sosialisasi ini, sambung Sophan Efendi, melibatkan Kasi Trantib kecamatan dan pihak terkait lainnya. “Sosialisasi ini, salah satu cara dalam penanganan konflik yang efektif, yaitu dengan menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tentram, damai dan sejahtera,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Sophan Efendi, namun mantan Kepala Dinas Perikanan Situbondo ini menjelaskan bahwa memelihara kondisi damai dan harmonis dalam hubungan sosial kemasyarakatan dan meningkatkan tenggangrasa dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara merupakan tujuan bangsa ini.

Publisher         : Heru Hartanto

Pewarta           : As’ad Zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button