DaerahSosialSUMUT

Gebyar Peringatan HKN ke-58, Dinkes P2KB Batu Bara Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis

BeritaNasional.ID, Batu Bara Sumut – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 pada tanggal 12 November 2022 mendatang, Pemkab Batubara melalui Dinas Kesehatan P2KB memberikan pelayanan kesehatan gratis.

Pada peringatan HKN Ke-58 tahun 2022 ini tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’ dan Dinkes P2KB Batu Bara mengangkat Sub thema ‘Batu Bara Hidup Sehat Dan Bebas Stunting’.

“Melalui thema dan sub thema ini diharapkan dapat meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen dan gerakan nyata pembangunan Kesehatan yang harus terus diperjuangkan oleh seluruh komponen bangsa dan meningkatkan peran aktif organisasi profesi Kesehatan dalam pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia sehat,” sebut Kepala Dinas Kesehatan P2KB drg. Wahid Wahid Khusyairi, MM dikonfirmasi wartawan, Rabu (09/11/2022).

Ia menerangkan, bahwa pada peringatan HKN ke-58 di tahun 2022 ini dapat di jadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah prilaku hidup sehat, mengedukasi dan melakukan pemantauan terhadap masyarakat rentan khususnya anak-anak yang dimulai dari sejak dini atau masa kehamilan.

“Dengan demikian kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia dapat lebih unggul di masa mendatang. Selain itu masyarakat tetap diingatkan agar tetap waspada terhadap masalah Covid-19, dan diharapkan Vaksinasi Booster Masyarakat dapat dilaksanakan sesuai target yang telah direncanakan,” terang drg Wahid.

Sedangkan tujuan dari kegiatan HKN Ke-58 di Kabupaten Batu Bara, untuk menigkatkan akses/jangkauan pelayanan Kesehatan masyarakat, kepada masyarakat terpencil dan rentan penyakit, kemudian meningkatkan capaian Vaksinasi Booster Covid-19 dan peserta akseptor KB serta Program lainnya, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya kesehatan bersumber masyarakat.

Sementara itu, Kabid Kesmas Dinkes P2KB Abdul Fuad Helmy, SKM, M.Kes menerangkan, bahwa jadwal kegiatan yang akan dilaksanakn dimulai sejak Tanggal 8 Nopember 2021 – 31 Nopember 2022 dengan membuka Layanan Bulan Bakti Sosial HKN Ke-58 Dinkes P2KB dengan membuka layanan di beberapa titik yang ditetapkan.

Adapun jenis kegiatan yang diselenggarakan, yakni Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat miskin rentan penyakit dan bencana serta terisolir dengan rangkaian, sunat massal, operasi bibir sumbing, dan pengobatan gratis (spesialis), jenis lainnya yakni PKK Bangga Kencana dengan rangkaian, inplant, IUD, suntik, pil, MOW, kondom, dan pencabutan IUD.

Jenis lainnya, Pelayanan Kesehatan Terintegrasi dengan rangkaian pemeriksaan spesialistik dan pengobatan gratis, vaksinasi bosster dan pelayanan akseptor KB, pemenksaan spesialistik dan pengobatan gratis, vaksinasi bosater dan pelayanan akseptor KB, pemenksaan spesimistik dan pengobatan grate, vaksinast bosster dan pelayanan akseptor KB sekaligus peresmian Pustu Bandar Rahmat, pemenksaan spesialistik dan pengobatan gratis, vaksinasi bosster dan pelayanan akseptor KB, pemenkaan spesialsik dan pengobatan gratis, vaksinasi bosster dan pelayanan akseptor KB sekaligus khitanan gratis, dan anjangsana kunjungan ke panti asuhan.

Selain dalam bentuk pelayanan kesehatan, pada HKN kali ini juga diikuti kegiatan perlombaan, yakni lomba cerdas cermat bagi kader posyandu dan tim pendamping keluarga Stunting, lomba kebersihan Puskesmas, serta lomba faskes swasta.

Sementara untuk puncak acara HKN ini akan dilaksanakan Tanggal 6 Desember 2022 di Halaman RSUD Kabupaten Batu Bara Desa Kuala Gunung yang diawali dengan senam santai, dan diikuti peresnian Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Batu Bara, pemberan bantuan pembangunan septic tank comunal dan pemberian bantuan closed, deklaras stop BABS, pencanagan bapak asuh anak stunting dan bapak asuh keluarga resiko stunting, penyerahan kendaraan ambulance dan mobi jenazah serta hadiah pemenang lomba, dan diakhiri doorpize dengan hadiah hiburan kepada tamu dan undangan. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button