Daerah

Genesa Banyuwangi Foundation Gelar Bimtek LRKM Tahun 2019

Hadirkan Dua Nara sumber Dari BNN Provinsi Jatim

BeritaNasional.ID,

BANYUWANGI – Genesa Banyuwangi Foundation (GBF) menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat Tahun 2019. Bimtek yang dilaksanakan di Panti Rehabilitasi di Perum Green Brawijaya Blok B10 Banyuwangi ini diikuti puluhan relawan dari berbagai penjuru kota berjuluk Sun Rise Of Java, Selasa (21/5/19).

Sebagai Pemateri dalam kegiatan bimtek tersebut, adalah Konselor Adiksi dari Klinik Rehabilitasi BNNP Ipda Juwari SH, Petugas Skrining dan intervensi Lapangan Bidang Rehab BNN Provinsi Jawa Timur, Muhammad Danu Marmansyah serta Kepala Panti Rehabilitasi Genesa Tutik Handayani AMd.Kep.SPd.

Tampak hadir juga, dr Didik Sulasmono Direktur KDS Gitik Rogojampi, Pembina Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Badan Penelian Aset Negara Lembaga Aliansi Indonesia (BPAN LAI) Kabupaten Banyuwangi, Hakim Said SH, dan relawan dari Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Banyuwangi (Mapala Uniba).

Bimtek dengan durasi waktu kurang lebih 2 jam ini berlangsung santai. Penyampaian materi oleh Konselor Adiksi Klinik Rehabilitasi Ipda Juwari mengupas tentang proses rehabilitasi secara umum dan dianjutkan tentang optimalisasi proses layanan rehabilitasi medis. Dalam kontek ini, ditekankan peningkatan mutu layanan rehabilitasi sampai dengan pasca rehabilitasi.

“Penanganan masalah penyalahgunaan narkoba memerlukan upaya terapi rehabilitasi yang berkelanjutan dan komprehensif. Ini harus diperhatikan,” jelas Juwari dengan lugas.

Paparan lainnya disampaikan Petugas Skrining dan Intervensi Lapangan Bidang Rehab BNN Provinsi Jatim, Muhammad Danu Marmansyah. Dia beberkan tentang petunjuk teknis rehabilitasi terkait penjangkauan.

“Teknik rehabilitasinya ada beberapa tahapan, penjangkauan, assesment, skrining, pemeriksaan medis dan psikologis. Kemudian lanjut ke rencana intervensi, rawat jalan, pasca rehab hingga pulih produktif,” jelas Danu.

Sementara Kepala Panti Rehabilitasi Genesa Tutik Handayani AMd, Kep, SPd, kegiatan bimtek yang dilakukan BNN Provinsi Jatim ini sebagai kelanjutan dari MoU Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) dengan BNN Pusat. “Jadi, ini merupakan giat berkelanjutan,” jelasnya.

Sedangkan Pengawas Panti Rehabilitasi Genesa Adi Rijanto ST menyatakan, bahwa kegiatan hari ini merupakan penguatan kelembagaan agar terbentuk Badan Narkotika Kabupaten (BNK) di Banyuwangi. “Harapan kami, ada intervensi positif dari semua stakeholder di Banyuwangi, juga BPAN LAI mulai dari pimpinan DPC, DPD hingga DPP di Jakarta. Sehingga akan ada pen-segeraan terbentuknya BNK di Banyuwangi,” tandas Adi yang juga pegiat lingkungan ini. (Oni)

Caption : Suasana bimtek di Panti Rehabilitasi Genesa Foundation Banyuwangi oleh BNN Provinsi Jatim, Selasa (21/5/19).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button