Sumatera

Gubsu Edy Rahmayadi Resmikan Pembangunan SMK Negeri 1 Pematang Jaya di Langkat

BeritaNasional.ID, Langkat – Gebernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi meresmikan SMK Negeri 1 Pematang Jaya, di Desa Limau Mungkur, Kecamatan Pematang Jaya, Kabupaten Langkat, Sumut, Kamis (28/1/2021) kemarin. Peresmian ditandai pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Gubsu didampingi ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Peresmian SMK juga disaksikan Bupati Langkat, melalui Sekdakab Langkat Indra Salahuddin, ketua TP PKK Langkat, ketua DWP Langkat, Staf Khusus Bupati, Kadis Pendidikan dan lainnya.

Dikesempatan itu, Gubsu berharap berdirinya SMK Negeri 1 ini dapat melahirkan generasi yang cerdas dan unggul, di Wilayah Pematang Jaya dan sekitarnya. Generasi yang benar-benar mampu nantinya dapat melakukan perubahan, demi terwujudnya Langkat yang sejahtera, makmur dan bermartabat.

“Semoga SMK ini mampu membentuk SDM yang unggul, diberbagai bidang keahlian. Sehingga dari mereka akan banyak terciptanya lapangan kerja diberbagai bidang,” pungkasnya.

Informasi dirangkum BeritaNasional.ID, Jum’at (29/1/2021) menyebutkan, sejarah awal terelisasi keberadaan SMK tersebut bermula dari anggota Komisi X DPR RI Prof. Dr. Djohar Arifin Husin melakukan kunjungan resesnya di Kecamatan Pematang Jaya, Kabupaten Langkat. Selanjutnya dalam reses tersebut, masyarat meminta adanya keberadaan Sekolah Menengah Keatas (SMK) di daerah mereka.

Selama ini masyarakat setempat beralasan, siswa yang tamat SLTP sulitnya untuk melanjutkan sekolah, dan mereka terpaksa menyambung sekolah keluar Provinsi Sumut, yaitu ke Nangro Aceh Darusalam (NAD/Provinsi Aceh), tepatnya di Aceh Tamiang. Mereka memilih sekolah di NAD, dikarenakan kecamatan mereka berbatasan dengan daerah tersebut.

Keinginan mereka disambut baik Djohar Arifin, yakni dengan membawa 6 kepala desa se-Kecamatan Pematang Jaya menghadap Gubernur dan SKPD terkait. Akhirnya gagasan tersebut disetujui untuk dibangunnya sekolah SMK Negri 1 Pematang Jaya.(Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button