ACEH

Guna Mengetahui Mamfaat PSR, Apkasindo Aceh Boyong Petani Sawit Simeulue ke Tamiang

BERITANASIONAL.ID | ACEH TAMIANG – Untuk Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh membawa perwakilan petani kelapa sawit dari Kabupaten Simeulue untuk melihat langsung pelaksanaan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang sedang berlangsung di Aceh Tamiang, Rabu (1/12/2021).

“Simeulue baru akan memulai PSR pada tahun ini, sedangkan Aceh Tamiang sudah menjalankan program ini sejak 2018. Ini yang menjadi alasannya kita berkunjung ke Aceh Tamiang,” sebut Ketua Apkasindo Aceh, Sofyan Abdullah pengurusnya Agus Salim.

Menurutnya, kebijakan ini sengaja dilakukan Apkasindo Aceh untuk meyakinkan para petani kelapa sawit di Simeulue tentang manfaat dan metode tahapan pengerjaan PSR.

Dalam kunjungan ini, Sofyan membawa perwakilan petani kelapa sawit asal Simeulue, Soflian B ke kantor Koperasi Produsen Pena Karya Nusantara (PKN) di Kampung Dalam, Karang Baru – Aceh Tamiang.

Sofyan beralasan kunjungan ke PKN disebabkan koperasi ini masih baru, namun dinilai sudah berhasil melaksanakan PSR di atas lahan seluas 200 hektar lebih.

“Sengaja kami bawa ke koperasi baru, tujuannya untuk membangkitkan motivasi kawan-kawan kita di Simeulue untuk ikut program ini,” ungkap Sofyan.

Sedikit dijelaskan Sofyan, program PSR ini sepenuhnya akan memberi keuntungan bagi petani karena proses replanting diawasi oleh BPDPKS dan Dinas Pertanian.

Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan petani mendapatkan hak yang telah ditentukan, termasuk bibit bersertifikat.

Dalam kunjungan tersebut sendiri dimanfaatkan Soflian B untuk memahami dan meninjau langsung PSR yang dikerjakan Koperasi Pena Karya Nusantara. Selain persoalan teknis pekerjaan, Soflian juga belajar secara singkat mengenai administrasi.

“Informasi yang saya dapatkan ini akan saya sampaikan kepada teman-teman di Simeulue, pada dasarnya kami antusias menjalankan PSR,” kata Soflian di hadapan Ketua KPN El Mahdi Angkat dan perwakilan Apkasindo Aceh Tamiang, Zainal. []

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button