Jawa Timur

Gunung Bromo Tingkatkan Ekonomi Sebagai Kawasan Pariwisata Nasional 

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO-Gunung Bromo sebagai kawasan strategis pariwisata nasional yang berada di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo ini mempunyai nuansa yang berbeda.

Pasalnya bukan hanya panorama alam saja yang di sajikan namun juga bisa dibuat menjadi arena olahraga ekstrem salah satunya adalah Paralayang,” Minggu (17/12).

Proses pengerjaan wisata paralayang ini dimulai selama 3 hari terhitung sejak 08 sampai 10 Desember 2022, dan telah di uji coba dari tanggal 11 sampai 15 Desember 2022.

Sehingga saat ini Kecamatan Sukapura sebagai penunjang wisata bromo dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Dengan adanya tambahan pariwisata paralayang itu, nantinya para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri tidak hanya melihat keindahan alam gunung bromo ini dari lautan pasir maupun dari seruni point saja, namun bisa melihat keindahan alamnya dari atas via udara melalui Paralayang tersebut,”Kata Camat Sukapura Bambang Yulius

Bambang berharap wisata ini bisa dikembangkan di kawasan Bromo, karena wisata dirgantara ini bisa dikemas dalam paket untuk menarik kunjungan para wisatawan asing dan domestik di Kabupaten Probolinggo,” ujar Bambang Yulius.

Terkait keamanan dan kelayakan dari olahraga paralayang sendiri, camat sukapura mempercayakan semuanya kepada KONI beserta Dinas Pariwisata Kabupaten Probolinggo.

Untuk perijinan dan segi keamanan masih diurus oleh KONI dan Dinas Pariwisata Kabupaten Probolinggo,” Singkatnya.

Bambang juga menambahkan sembari mempromosikan wisata diwilayahnya, orang nomor satu dikecamatan sukapura ini menginginkan memulihkan ekonomi warganya yang telah dihantam covid selama dua tahun hingga melumpuhkan perekonomian dari berbagai macam sektor salah satu sektor wisata.

Dengan hadirnya wisatawan asing maupun domestik yang kesini pastinya kan akan bermalam di hotel sekitaran bromo, serta pastinya UMKM di sekitar area gunung bromo juga akan merasakan dampaknya.

Sehingga program pemulihan ekonomi nasional yang di terapkan di Kecamatan Sukapura ini akan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat sehingga semua akan menikmati kesejahteraan ekonomi masyarakat di kawasan wisata Bromo sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional” tutupnya.

 

***Onoy

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button