DaerahRagamSUMUT

Guyur Hujan Selama Tiga Hari, 4 Kecamatan di Batubara Terendam Banjir

BeritaNasional.ID, Batubara – Guyuran hujan selama tiga hari berturut-turut, sedikitnya ada 4 (empat) Kecamatan di Kabupaten Batubara Sumatera Utara terendam banjir.

Sekitar dua ribuan rumah warga dan ratusan hektare sawah di empat (4) kecamatan mengalami musibah bencana banjir.

Adapun kecamatan yang terkena banjir yaitu, Kecamatan Nibung Hangus, Kecamatan Talawi, Kecamatan Datuk Tanah Datar, dan Kecamatan Sei Balai.

Banjir diakibatkan hujan deras yang terus mengguyur selama tiga hari belakangan ini dan juga dampat air kiriman dari sungai yang berasal dari Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Asahan. Hal ini dikarenakan Kabupaten Batubara termasuk daerah yang rendah.

Untuk itu Selasa, (17/08/2021) Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP didampingi Kaban BPBD Sa’ban, Kadis Kesehatan drg. Wahid Khusyairi dan kadis PUPR Khairul Anwar meninjau lokasi banjir, sekaligus memberikan bantuan beras kepada masyarakat di Desa Bangun Sari, Kecamatan Datuk Tanah Datar.

“Bantuan sosial berupa sembako (beras, minyak, telur dan mie instan) agar dipercepat penyalurannya untuk masyarakat terdampak banjir. Jangan menunggu besok-besok lagi,” kata Zahir.

Zahir juga meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum agar segera menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan sungai dan parit.

Sedangkan untuk penanganan banjir jangka panjang, memang harus ada pembenahan drainase secara besar-besaran. Tetapi dengan kondisi Covid-19, namun anggaran Pemerintah saat ini tidak mencukupi untuk hal tersebut

“Saya juga bermohon kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar segera memberikan bantuan penanggulangan bencana Kepada Pemerintah Kabupaten Batubara. Untuk memperbaiki drainase dan banyak tanggul yang jebol akibat banjir. Mohon dibantu karena Kabupaten Batuvara merupakan kawasan strategis Nasional,” tutur Bupati Zahir.

Sementara itu, salah seorang warga Ibu Darniati mengatakan bahwa sungai yang ada di tempatnya agar bisa dibeko (dikeruk) karena di desa ini telah beberapa kali mengalami kebanjiran.

“Dan kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Batubara yang telah memberikan bantuan. Semoga banjir ini cepat surut,” harapnya. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button